oleh

Awas Hoaks! Vaksin Pfizer Serang Darah Putih Picu Imun Lemah

TOPIKTERKINI.COM – JAKARTA: Beredar unggahan di media sosial Facebook berisi klaim hasil studi atas Vaksin Pfizer yang menyerang sel darah putih hingga menyebabkan sistem imun lemah.

Seperti yang dikutip di laman kominfo bahwa, Konon, unggahan yang beredar itu mencatut nama Lembaga Francis Crick Institute London, Inggris.  Dijelaskan bahwa klaim itu menyebutkan Vaksin Pfizer merusak sel darah putih atau sel T dan melemahkan sistem kekebalan tubuh

Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukna dari kumparan.com, bahwa klaim itu tidak benar atau hoaks.

Peneliti Francis Crick Institute, David Bauer mengatakan kepada AP News jika semua penelitian yang diterbitkan hingga saat ini menunjukkan bahwa vaksin Pfizer dan varian vaksin lainnya menghasilkan respons sel T yang kuat, positif, dan protektif melawan virus Covid-19.

Hal senada juga dikatakan Profesor  Blankson dari Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins Amerika yang menegaskan korona tidak menghancurkan atau merusak sel T.

“Ada banyak data yang menunjukkan bahwa vaksin menginduksi respons sel T yang kuat untuk mengenali virus dan melawan virus Covid-19 bersama dengan sistem antibodi di dalam tubuh,” ujarnya.

Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Kamis (02/09/2021):

  1. [DISINFORMASI] Video Siswa Lumpuh Usai Divaksinasi Covid-19
  2. [HOAKS] Vaksin Pfizer Menyerang Darah Putih hingga Sebabkan Imun Lemah
  3. [DISINFORMASI] Ma’ruf Amin Sebut yang Menolak Vaksin Masuk Neraka
  4. [HOAKS] Bank Indonesia Menerima Layanan Pinjam Dana
  5. [HOAKS] Memakan Petai dengan Rutin Dapat Sembuhkan Sakit Kaki, Pinggang dan Menyembuhkan Kanker

 

Komentar

News Feed