oleh

Tok !!! DPRD Buol Setujui Empat Ranperda Prakarsa Pemda

Topikterkini.com.Buol – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buol, dalam Rapat Paripurna Pendapat Akhir Fraksi – Fraksi menyetujui atas Pembahasan 4 (empat) Buah Ranperda Usul Prakarsa Pemerintah Daerah. Bertempat di Ruang Rapat Utama DPRD Kabupaten Buol, Jumat (17/9/2021).

Rapat Paripurna di pimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Buol, Srikandi Batalipu, S.Sos, di dampingi Wakil Ketua I, Zainudin Rauf dan Wakil Ketua II, Ahmad Takuloe, SH bersama Anggota DPRD Buol.

Dalam Penyampaian Pendapat Akhir semua Fraksi bersepakat menerima dan menyetujui 4 (empat) Buah Ranperda Usul Prakarsa Pemerintah Daerah.

Dikesempatan itu, Wakil Bupati Buol, H. Abdulah Batalipu, S.Sos, M.Si mewakili Bupati Buol, dalam sambutanya dihadapan para wakil rakyat mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan Anggota DPRD yang telah memberikan dukungan dan persetujuan terhadap 4 (empat) buah Rancangan Peraturan Daerah yang telah diprakarsai oleh Pemerintah Daerah.

Adapun ke empat Ranperda tersebut yaitu:

1.Rancangan Peraturan Daerah tentang Retribusi Penjualan Produksi Usaha Daerah;

2. Rancangan Peraturan Daerah tentang tentang Retribusi Tempat Pelelangan ikan.

3. Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 26 Tahun 2013 Tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan; dan

4.Rancangan Peraturan Daerah tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Lebih lanjut Wakil Bupati menyampaikan, bahwa hal ini telah melalui proses yang relatif panjang dalam upaya merumuskan dan menyempurnakan ke-4 buah Rancangan Peraturan Daerah tersebut.

” Hal ini komitmen dan tanggung jawab bersama melalui pembahasan antara pemerintah daerah dan DPRD,” ujarnya.

Ke – empat Ranperda telah dilakukan tahapan pembahasan bersama antara Tim Pemerintah Daerah dengan Bapemperda DPRD Kabupaten Buol. Proses selanjutnya dilakukan fasilitasi ke Biro Hukum Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 26 Tahun 2013 Tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan dan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Untuk Ranperda Retribusi Penjualan Produksi Usaha Daerah dan Ranperda tentang Retribusi Tempat Pelelangan Ikan akan di evaluasi pada Kementerian Dalam Negeri. Sebagai proses yang harus dilalui dalam penyusunan Rancangan Peraturan Daerah sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan. Sehingga menghasilkan produk hukum yang memenuhi kebutuhan hukum dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Buol.
(Husni Sese)

Komentar

News Feed