oleh

Kunker di Simpang Raya, Wabup Banggai Sempat Jadi Vaksinator IB

Topikterkini.com.Banggai – Wakil Bupati Banggai 𝗗𝗿𝘀. 𝗛. 𝗙𝘂𝗿𝗾𝗮𝗻𝘂𝗱𝗱𝗶𝗻 𝗠𝗮𝘀𝘂𝗹𝗶𝗹𝗶, 𝗠.𝗠, sabtu 18 September 2021 melakukan Kunjungan Kerja(Kunker) di Kecamatan Simpang Raya. Saat kunjungan tersebut, Wabup, Furqanuddin meninjau kegiatan Penyerahan Bantuan Hibah Ternak Kambing Peranakan Etawa (PE), Operasi Khusus (Opsus) Inseminasi Buatan (IB) dan Pemeriksaan Kebuntingan serta kegiatan Pengobatan Ternak yang dilakukan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Banggai di Desa Beringin Jaya Kecamatan Simpang Raya Kabupaten Banggai.

Pada kesempatan itu, Wabup Furqanuddin juga berkesempatan menjadi vaksinator, melakukan praktek teknologi Inseminasi Buatan (IB). Inseminasi Buatan pada sapi (kawin suntik) adalah suatu cara atau teknik untuk memasukkan mani (spermatozoa atau semen) yang telah diproses terlebih dahulu yang berasal dari ternak jantan ke dalam saluran alat kelamin betina dengan menggunakan metode dan alat khusus.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Banggai 𝗜𝗿. 𝗙𝗲𝗿𝗹𝗶𝗻 𝗬𝗧. 𝗠𝗼𝗻𝗴𝗴𝗲𝘀𝗮𝗻𝗴, 𝗠.𝗦𝗶. dan Camat Simpang Raya Camat Simpang Raya 𝗠𝘂𝗵𝗮𝗺𝗺𝗮𝗱 𝗝𝘂𝗻𝗮𝗶𝗱𝗶, 𝗦.𝗛.Kegiatan lanjutan dari Opsus IB dan Pemeriksaan Kebuntingan serta Pengobatan ternak selanjutnya dilakukan oleh para petugas IB dan petugas Kesehatan Hewan yang ada di kecamatan.

𝗦𝗮𝘆𝘂𝘁𝗶 𝗠𝗮𝘂𝗹𝗮, 𝗦.𝗦𝗧., 𝗠.𝗠. dari Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner menjelaskan, untuk Kecamatan Simpang Raya Tahun 2021, yang mendapatkan Bantuan Hibah Ternak Kambing Peranakan Etawa (PE) ada 2 kelompok, yang terdiri dari Desa Beringin Jaya 1 kelompok dengan jumlah ternaknya adalah 10 ekor betina dan 1 ekor jantan dan Desa Sumber Mulya 1 kelompok dengan jumlah ternak yang sama.

Usai melakukan peninjauan di Pasar Ternak Desa Beringin Jaya, Wakil Bupati Furqanuddin melakukan peninjauan perkembangan pembangunan tambahan bangunan gedung Puskesmas Simpang Raya untuk fasilitas Rawat Inap. Selain meninjau bangunan fisik, Wabup juga berkesempatan membesuk pasien yang lagi dirawat, termasuk juga mengecek fasilitas pendukung lainnya seperti ketersediaan tabung oksigen.

Sumber: Prokopim Pemkab Banggai.

Laporan: Husni Sese

Komentar

News Feed