oleh

Cara Merawat Epson L3110 Agar Awet dan Bekerja Optimal

Printer menjadi salah satu alat kantor yang sangat penting, dan selalu digunakan setiap hari, sehingga itu perlu perawatan yang tepat. Bagi Anda yang memiliki printer Epso­n L3110, juga harus dilakukan perawatan, agar bisa tetap bekerja dengan optimal dan tahan lama.

Nah, berikut ini cara melakukan perawatan printer, khususnya untuk Epson L3110.

Jaga Selalu Kebersihan Printer

Menjaga kebersihan printer adalah hal pertama dalam perawatan. Semua hal yang membuat printer ini terlihat kotor seperti debu, tinta, sisa kertas, dan lain sebagainya harus segera dibersihkan.

Karena kotoran dengan ukuran yang sangat kecil saja sebesar ½ mm bisa membuat kertas terhambat. Sehingga proses pencetakan akan sangat sulit, bahkan membuat kertas rusak.

Letakkan Tinta di Tempat yang Datar

Perhatikan dalam meletakkan printer Anda. Jangan pernah meletakkan printer di posisi yang tidak rata.

Karena posisi tinta yang tidak rata akan membuat proses pencetakan terganggu. Tinta akan terhambat dan sulit untuk masuk ke dalam printer.

Gunakan Tinta dari Epson

Kualitas menjadi faktor utama dalam menjaga printer Anda tetap terjaga dengan baik. Karena setiap tinta memiliki bahan yang berbeda-beda, dan biasanya sudah disesuaikan dengan printer tersebut.

Epson sekarang telah memiliki produk tinta refill yang bisa digunakan dengan mudah. Bahkan dalam proses pemasangan sangat mudah, dan tidak perlu khawatir akan membuat tinta mengotori tangan.

Tinta Epson sendiri juga memiliki harga yang sangat terjangkau. Anda bisa mendapatkan refill untuk tinta Epson dengan harga dibawah Rp 100 ribu saja.

Bahkan harga tersebut sudah bisa mendapatkan tinta tank dengan ukuran 65 ml. Ukuran ini mampu digunakan untuk mencetak gambar lebih dari 7500.

Matikan Printer Saat Tidak Dipakai

Perlu diperhatikan pula bahwa Anda harus mencabut semua kabel power ketika tidak menggunakan printer. Karena listrik yang tidak stabil akan mengganggu sistem yang terdapat dalam printer.

Akan lebih baik jika Anda menggunakan penstabil daya seperti UPS, dan berbagai alat lainnya. Sehingga listrik atau daya di dalam printer akan tetap terjaga, dan menghindarkan printer mengalami kerusakan.

Biasanya dengan adanya listrik yang tidak stabil akan merusak beberapa bagian di dalam printer. Seperti mainboard, head, dan lain sebagainya yang rentan terhadap daya yang tidak stabil di dalam printer.

Gunakan Printer Secara Berkala

Tinta dye ink di dalam Epson L3110 ini memang harus selalu digunakan secara berkala. Paling tidak minimal setiap minggunya Anda menggunakan printer untuk mencetak dokumen, atau aktivitas lainnya.

Kondisi tinta yang tidak digunakan selama periode tertentu bisa mengalami perubahan kondisi. Selain itu, ada bagian di dalam mesin printer yang bisa menjadi kering, sehingga membuat proses pencetakan bisa terhambat.

Dengan menggunakannya secara berkala ini, maka akan tetap menjaga kondisi dalam pipa yang menghubungkan tinta tetap terjaga dengan baik. Tidak akan ada tinta yang kering, dan akan merusak printer itu sendiri.

Lakukan Fitur Maintenance

Salah satu fitur di dalam printer ini juga bisa menjadi salah satu metode yang tepat untuk menjaga agar printer tetap bisa bekerja dengan optimal dan tahan lama.

Ketika Anda tidak memiliki bahan untuk dicetak, Anda bisa menggunakan fitur ini untuk menjaga agar printer tetap bersih, dan awet.

Itulah berbagai cara yang tepat untuk menjaga agar printer Epson L3110 Anda tetap awet. Dengan cara ini, Anda bisa membuat printer ini bekerja optimal tanpa khawatir bermasalah.

Komentar

News Feed