oleh

Antisipasi Gangguan Kamtib Dan Bencana, Rutan Bantaeng Pasang Alarm dan APAR

TOPIKterkini.com–Bantaeng: Mengantisipasi potensi gangguan Keamanan dan Ketertiban(Kamtib) serta bencana kebakaran, Rutan Kelas II B Bantaeng memasang Alarm dan Alat Pemadam Kebakaran (Apar)

Hal ini diungkapkan Kepala Rutan Bantaeng, Ince Muh. Rizal kepada redaksi media ini melalui humasnya Arsy, Selasa, 28/9/2021.

“hal ini, salah satu langkah progresif yang dilakukan Rutan Bantaeng demi menjaga dan mencegah terjadinya kejadian seperti bencana kebakaran dan potensi gangguan kamtib lainnya” ungkap Ince.

Dia juga menyebut bahwa pemasangan dua jenis alat ini merupakan tindak lanjut dari arahan Dirjend Keamanan dan Ketertiban Abdul Aris kepada seluruh kepala divisi Pemasyarakatan dan jajaran Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan,jelasnya.

Kepala subseksi pelayanan tahanan Emil dalam penjelasannya bahwa Terdapat tiga titik Sesuai arahan Kepala Rutan untuk meletakkan Alarm atau Panic Button, dan Alat Pemadam Kebakaran (APAR) di beberapa titik rawan pada yang terletak di dalam Rutan Bantaeng.

“Adapun tombol panic button tersebut, diletakkan di bagian meja Komandan Jaga berserta kode dan petunjuk teknis penggunaan alarm agar tidak sembarangan orang yang menekan tombol tersebut”, Jelas Emil.

Lokasi bunyi alarm dari panic button tersebut terletak di 3(tiga) titik, 2 diantaranya di area blok hunian dan 1 di area gedung perkantoran. Adapun APAR juga diletakkan di 3 (tiga) titik antara lain pada area aula, blok hunian dan area rawan seperti dapur dan sekitarnya, tambah Emil

“Untuk menjaga peralatan tersebut, setiap jajaran yang bertugas harus memperhatikan kebersihan dan kelayakan alat agar bisa awet untuk digunakan”tukas Ince.

Ince juga mengungkapkan bahwa kedepannya akan diadakan simulasi atau latihan terkait penanggulangan bencana yang lebih upgrade, seperti titik kumpul dan jalur evakuasi atau jalur keluar, tandas Ince

Laporan : Humas Rutan Bantaeng
Editor. : Armin

Komentar

News Feed