oleh

DPRD Buol Laksanakan Paripurna Laporan Reses Masa Persidangan 1 Tahun 2021

Topikterkini.com.Buol – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menggelar rapat Paripurna dengan agenda Penetapan Keputusan DPRD tentang hasil kegiatan Reses Masa Persidangan 1Tahun 2021-2022, di Ruang Rapat Utama DPRD Kabupaten Buol, Kamis (30/9/2021).

Sidang Paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD, Srikandi Batalaipu, S.Sos, didampingi Wakil Ketua 1, Zaiunudin Rauf, Wakil Ketua 2, Ahmad Takuloe dan anggota DPRD, juga turut di hadiri langsung oleh Bupati Buol yang di wakili oleh Sekda, Drs. H Muh. Sufrizal Jusuf, MM, Inspektur Inspektorat Daerah, Drs, Arianto Rioeh, M.Si
serta Pimpinan OPD lainya yang mengikuti paripurna secara Virtual di masing – masing instansi.

Saat membuka Paripurna, Ketua DPRD, Srikandi Batalipu dalam pengantar sidang menyampaikan bahwa rapat paripurna DPRD di gelar untuk mendengar penyampaian hasil reses anggota DPRD dari perwakilan masing – masing daerah pemilihan (dapil).

Lanjut Srikandi, tujuan Reses adalah agar anggota DPRD dapat melakukan kegiatan kunjungan ke warga masyarakat untuk menyerap, menampung, memantau serta menindaklanjuti aspirasi, usulan konstituen dan pengaduan masyarakat guna memberikan pertanggungjawaban secara moral dan politis kepada konstituen di daerah pemilihan, sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah
dalam menjawab berbagai kebutuhan ataupun permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Lanjut Ketua DPRD hal ini juga sebagai masukan dalam penyusunan terhadap kebijakan pemerintah, yang nantinya akan di tata pada APBD Perubahan Tahun Anggaran 2021 maupun APBD Tahun Anggaran 2022.

Usai Ketua DPRD menyampaikan pernyataan dalam pengantar sidang, sejumlah 8 fraksi DPRD Buol yakni Fraksi Partai Golkar, Fraksi PAN, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi PPP, Fraksi Nasdem, Fraksi Gerindra dan Fraksi Gabungan (PKS, Hanura, Demokrat) melaporkan hasil reses di setiap dapil masing masing, satu Fraksi yakni Fraksi PKB menyampaikan laporan hasil Reses secara virtual dikarenakan sedang mengikuti agenda partai.

Dari laporan Hasil Reses 8 Fraksi menyangkut permasalahan pembangunan daerah baik program prioritas daerah itu sendiri dan hal hal strategis lainnya. Beberapa rangkuman diantarnya terkait :
1. Ketenagakerjaan.
2. Pendidikan dan kesehatan.
3. Kesejahteraan sosial.
4. Infrastruktur.

Pelaksanaan Paripurna DPRD Buol dilaksanakan dengan memperhatikan ketentuan ketentuan yang diberlakukan dalam rangka mengantisipasi penyebaran COVID-19 dan menjalankan protokol kesehatan.

Liputan: Husni Sese

Komentar

News Feed