oleh

Antisipasi Bencana, Kodim 1305-BT Edukasi Warga Tingkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan

Topiktrkini.com.Tolitoli – Jajaran Kodim 1305 Buol Tolitoli terus melakukan edukasi terhadap masyarakat terkait potensi bencana yang bisa saja terjadi.

Hal tersebut disampaikan langsung Kasdim 1305 Buol Tolitoli Mayor (Inf) Iko Power saat membuka penyelenggaraan pembina masyarakat tanggap bencana yang dipusatkan di Pantai Wisata Desa Sabang Kecamatan Galang. Jumat (1/10).

“Saya sangat berterima kasih dengan kehadiran masyarakat yang sudah sangat antusias mengikuti kegiatan ini,” ujarnya.

Menurut perwira dengan satu melati dipundaknya itu, kegiatan ini sangat penting bagi masyarakat guna memberikan eduakasi dalam upaya pencegahan.

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Seksi Kesiapsiagaaan BPBD Kabupaten Tolitoli Oktavianus Wesa menjelaskan, Bencana terbagi 3 jenis yakni alam non alam, serta bencana sosial, dimana untuk bencana alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam antara lain berupa gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor.

Sedangkan bencana non alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau rangkaian peristiwa non alam yang antara lain berupa gagal teknologi, gagal modernisasi, epidemi, dan wabah penyakit kemudian bencana sosial adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang diakibatkan oleh manusia yang meliputi konflik sosial antar kelompok atau antar komunitas masyarakat, dan teror.

” Tiga bencana ini penting diketahui oleh masyarakat,” jelasnya.

Laporan: Andi Iswana

Komentar

News Feed