oleh

Pergelaran Event WSBK dan IATC Sesuai Jadwal di Sirkuit Mandalika

Topikterkini.com LOMBOK TENGAH:Balapan MOTUL FIM Superbike World Championship (WSBK) Pirelli Indonesian Round 2021 dan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) siap digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) The Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Jumat-Minggu (19-21 November 2021).

 

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengelola KEK The Mandalika bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku bagian dari ITDC Group, memastikan rangkaian persiapan akhir seperti Track Safety Inspection oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) telah berjalan dengan baik.

 

Tim kru dan pembalap WSBK, pihak Dorna Sports serta FIM sendiri telah tiba di Mandalika mulai Rabu (17/11) lalu.

Setelah Track Safety Inspection selesai, para kru dan pembalap melakukan track familiarization atau pengenalan Pertamina Mandalika International Street Circuit.

 

Direktur Utama MGPA Ricky Baheramsjah menuturkan, hari ini pihaknya merampungkan persiapan terakhir sebelum menggelar balapan, salah satunya track safety inspection oleh FIM, dan sejauh ini berjalan sesuai harapan. “Kami optimistis balapan pada 19-21 November siap digelar dan akan berlangsung dengan sukses. Kami berterima kasih kepada FIM, Dorna Sports, Ikatan Motor Indonesia (IMI) serta seluruh pihak yang telah mendukung kami dalam persiapan penyelenggaraan event WSBK ini,” ucapnya

 

Ricky menambahkan bahwa persiapan marshal juga telah dilakukan secara intensif. Saat ini MGPA dan IMI telah menyediakan marshal sesuai dengan yang dipersyaratkan untuk membantu pelaksanaan saat event WSBK berlangsung. Pelatihan dan simulasi telah dijalankan guna menambah kemampuan dan kompetensi marshal yang akan bertugas.

Adapun agenda balapan akan dimulai pada Jumat (19/11), mulai 09.00 hingga 16.15 WITA, berupa 6 sesi free practice IATC dan WSBK, serta IATC race 1.

Pada Sabtu (20/11) terdapat  8 sesi, termasuk IATC race 2 & 3, The Supersport World Championship (WorldSSP) race 1, WSBK free practice dan race 1 , yang dimulai pukul 09.00 hingga 16.30 WITA. Sementara Minggu, 21 November 2021 yang akan berlangsung dari pukul 09.00 WITA hingga 16.15 WITA, terdiri dari 7 sesi termasuk IATC race 4, WSSP race 2, final race WSBK, serta Winners’ Awards Presentation.

 

Sementara side event berlangsung selama 19-21 November, diisi dengan pameran otomotif, seni dan budaya lokal, pertunjukan musik, UMKM & Culinary Festival. Side event ini digelar guna memberikan hiburan bagi penonton di sela menonton balapan sekaligus mendorong pertumbuhan  ekonomi kreatif lokal. Event ini didukung oleh UMKM lokal, artis dan seniman asal NTB serta sejumlah artis asal ibukota.

 

Side event di panggung Mandalika Xperiences pada Jumat (19/11) terdiri dari Culture Show dan Fireworks & 360 Hill Light Show, pada Sabtu (20/11) diisi special performance dari Marion Jola dan Gigi Band, serta Fireworks & 360 Hill Light Show. Sementara sebagai penutup pada Minggu (21/11) diisi oleh Film Akad trailer release, special performance by Pusakata, Oomleo dan Teza Sumendra, Andy Rif dan cantika, serta Fireworks & 360 Hill Light Show. “Kami berharap balapan dan side event yang telah kami persiapkan dapat dinikmati dan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi seluruh penonton yang hadir. Untuk menjamin keamanan, kenyamanan dan kelancaran selama balapan, kami menghimbau penonton agar mematuhi regulasi yang telah kami keluarkan. Kami percaya antusiasme dan dukungan dari penonton semuanya akan menunjukkan bahwa Bangsa Indonesia adalah tuan rumah yang baik bagi penyelenggaraan event balap motor internasional.  Sehingga akan semakin banyak event sejenis yang akan digelar di negeri kita tercinta ini,” ujar Ricky.

 

Sebagai informasi, guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat menonton balapan, MGPA telah mengeluarkan regulasi menonton, yang mencakup persyaratan dan ketentuan serta Do’s & Don’ts untuk penonton.  Persyaratan antara lain wajib memiliki tiket, berusia 12 tahun ke atas, sudah dua kali menerima vaksin COVID-19, serta memiliki hasil swab antigen (1×24 jam)/PCR (2×24 jam) negatif COVID-19 melalui aplikasi PeduliLindungi.  Sedangkan Do’s & Dont’s mencakup antara lain kewajiban duduk di area Grand Stand sesuai kategori tiket yang dibeli dan barang-barang yang tidak boleh dibawa ke dalam area Sirkuit/Grand Stand. “Bagi penonton yang sudah tiba di Lombok, kami ucapkan selamat datang dan silahkan menikmati keindahan The Mandalika. Sementara bagi penonton yang masih dalam perjalanan menuju Lombok, kami sampaikan semoga perjalanan anda lancar dan kami tunggu kehadiran anda di Pertamina Mandalika International Street Circuit,” tutup Ricky.

Tim Liputan: Saeful

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed