oleh

Pemkab Nisut; Rumdis Wabup Akan Dibangun Awal Tahun 2022, Yang Lama Dijadikan Kantor Dinas OPD

TOPIKERKINI/NIAS UTARA-Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui dinas kominfo melakukan konferensi pers terkait pembangunan rumah dinas wakil bupati yang akan dibangun awal tahun 2022 dengan biaya 4 Milyar menuai kontroversi diperbincangkan di Medsos akhir-akhir ini. Giat Konferensi Pers kali ini dilaksanakan di Aula Pertemuan kantor Bupati Nias Utara jalan Gowe Zalawa Desa Fadoro Fulolo pada hari Jumat (26/11/2021) Pkl. 15.00 wib.

Rencananya Rumdis Wabup yang baru akan dibangun dekat pendopo berdekatan dengan Rumdis Bupati sedangkan Rumah Dinas (Rumdis) yang lama terbangun 2017 silam terus dilakukan pembenahan dan direnovasi. Rencana rumdis Wabup lama akan dijadikan kantor secara permanen oleh salah satu dinas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Nias Utara.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Nias Utara AFERIANUS TELAUMBANUA, S.S, MM menyampaikan pengantar pada giat konferensi pers tersebut, ia menyatakan bahwa Rumdis Wabup perlu kenyamanan. Kenapa karena kenyamanan itu bagian yang perlu didapatkan setiap orang dalam melakukan kegiatannya. Sebab kalau tidak nyaman, sesuatu yang dikerjakan tidak akan menjadi maksimal hasilnya. Melihat keadaan ini pemerintah akan memikirkan untuk membuat rumah dinas wabup yang baru dan lebih efisien didekatkan dengan rumah dinas Bupati Nias Utara. Gambaran dengan perencanaan ini oleh Bappeda dan secara teknis dibuat oleh dinas teknis dalam ini oleh Perkim Nias Utara, tuturnya.

Kepala Dinas Perkim bapak Yulius Zai, ST sebagai Dinas Teknis yang membidangin pembangunan Rumdis Wakil Bupati ini menjelaskan dihadapan puluhan media bahwa secara Teknis telah dilaksanakan langkah langkah seperti Investigasi Lapangan, Survey Lapangan dan Desain bangunan sesuai dengan ketentuan yang berlaku hanya saat ini ada beberapa bangunan pendukung yang masih belum siap karena refocusing anggaran.
Akses jalan sudah dilakukan timbunan bukho untuk menuju lokasi dan tentunya diharapkan ada pekerjaan peningkatan jalan hotmix itu yang kita harapkan agar warga/ masyarakat sekitar juga dapat membuat rumahnya di sepanjang akses jalan menuju rumah dinas wakil bupati dimaksud.

“Saat ini rumah dinas wakil bupati yang lama disediakan anggaran sebesar Rp. 475juta untuk perbaikan dan masih banyak yang harus dan perlu pembenahan aliran listrik, pagar, sanitasi dan infranstruktur” tuturnya.

secara fisik sudah selesai direnovasi hanya saja sesuai dengan aturan tidak memenuhi standar sebagai rumah dinas wakil bupati pertama persyaratan keselamatan dan yang kedua persyaratan kesehatan karena disana belum terbangun dranaise juga kemudahan dalam artian akses jalan pulang perginya ke rumah dinas wakil bupati.
Oleh karena itu pemerintah Kabupaten Nias Utara telah mengalokasikan dana sebesar 4 Miliyar untuk bangunan baru rumah dinas wakil bupati Perencanaan rumah dinas wakil bupati Kabupaten Nias Utara (Nisut) akan di mulai pada Januari 2022, tentu dengan rincian diantaranya biaya perencanaan rekonstruksi atau biaya fisik dari konsultan, juga biaya teknis dan biaya umum lainnya. “Biaya pembangunan rumah dinas Wabup dimaksud disesuaikan dengan bangunan standar tidak jauh beda dari pembangunan rumah dinas dinas yang lain yang memakan anggaran hingga 3,3 miliar lebih setiap 1 rumah dinas”, terangnya.

Julius menambahkan; Memang, akan bertambahnya nilainya Rumdis Wabup ini karena ada sedikit pembenahan lapangan. Jelas mantan kadis PUPR ini.

Menurut bapak Bupati Amizaro Waruwu bahwa rumah dinas wakil bupati merupakan lambang daerah. Dan direncanakan rumah dinas wakil bupati yang baru baiknya berdekatan dengan pendopo atau rumah dinas Bupati supaya berada di tengah kota dan tidak jauh dari keramaian dan pemukiman warga.

Perlu kami sampaikan bahwa rumah dinas wakil bupati yang lama yang sedang direnovasi sekarang akan kita fungsikan itu salah satu kantor dinas yang ada di Kabupaten Nias Utara karena masih banyak kantor dinas yang belum memiliki kantor secara permanen atau masih sewa. Sebagai contoh Kantor OPD seperti Dinas Perikanan yang dulunya sewa menjadi tidak sewa lagi. Ini kita pikirkan ke depan itu pembangunannya jadi rumah dinas wakil bupati yang lama ini tidak sia-sia tetapi akan diperuntukkan untuk salah satu kantor dinas di Nias Utara, jadi di bangunan yang lama itu tidak dikategorikan sebagai pemborosan, pungkasnya.

Amizaro menambahkan sebelum dimulai pembangunan rumah dinas wakil bupati yang baru maka bangunan yang lama dimaksud akan ditetapkan terlebih dahulu menjadi kantor dinas salah satu OPD Nias Utara, harapnya.

Amizaro berpesan kepada mitranya, Media merupakan garda terdepan dan menjadi kekuatan dalam kemajuan suatu daerah, seraya bisa menyampaikan kepada publik kemajuan dan pesona Nias Utara yang kita cintai ini, tutupnya.

Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega membeberkan kepada sejumlah wartawan alasan tidak menempati rumah dinas yang sudah dibangun tersebut karena kurang nyaman belum ada infranstruktur, sanitasi juga lumayan jauh dari jalan umum artinya tidak aman apabila menempatinya, jelasnya.

Salah seorang audiensi yang hadir Anuari Zendrato menyampaikan kepada awak media kendati ada Rencana membangun Rumah Dinas Wakil Bupati Nias Utara yg baru, Rumah Dinas Wakil Bupati Nias Utara yg sudah dibangun di Desa Fadoro Fulolo tidak disia-siakan dan akan dialihfungsikan menjadi salah satu kantor dinas OPD.
Dimana Masih ada kantor OPD yg belum ada kantornya seperti Dinas Perikanan yg masih menyewa rumah masyarakat, tuturnya dengan senyum bahagia.

Pantauan jurnalist topikterkini.com
Selain Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu S. Pd yang didampingi oleh Wakil Bupati Yusman Zega A. Pi. M. Si serta sejumlah Kepala OPD Kominfo Aferianus Telaumbanua, S.S, MM, Kadis Perkim Yulius Zai, ST, juga hadir Asisten III Setda Nisut Ya’adil Telaumbanua, SKM,MKM, bersama Para OPd dan staf Ahli dan sejumlah Wartawan dari berbagai media.
(Junhar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed