oleh

Setidaknya 200 Houthi tewas dalam pertempuran, serangan udara di Marib, Jouf

TOPIKTERKINI.COM – AL-MUKALLA: Setidaknya 200 Houthi tewas dalam pertempuran sengit dengan pasukan pemerintah dan dalam serangan udara oleh pesawat tempur koalisi Arab selama 24 jam terakhir di provinsi Yaman Marib dan Jouf, ketika milisi mendorong ke Marib untuk menguasai medan strategis, koalisi dan tokoh militer lokal mengatakan pada hari Minggu.

Seorang pejabat mengatakan kepada Media bahwa setidaknya 100 Houthi tewas ketika milisi melancarkan serangkaian serangan terhadap pasukan pemerintah di Thana, barat kota Marib, pada hari Sabtu, dalam upaya untuk melanggar batas pemerintah dan mencapai Al-Balaq Al-Qibili. Gunung ke dataran tinggi di atas bagian kota.

“Semua gelombang Houthi gagal maju atau menangkap satu inci pun di Thana. Banyak orang Houthi terbunuh ketika pasukan kami dan pesawat tempur koalisi (Arab) menyapu bersih gelombang itu,” kata pejabat itu, seraya menambahkan bahwa sebagian besar kematian Houthi disebabkan oleh serangan udara yang “tepat”.

Houthi baru-baru ini memfokuskan serangan di daerah barat Marib setelah gagal membuat keuntungan teritorial di Juba, Um Raesh dan Al-Amud, selatan Marib.

Pada bulan September, Houthi menyerbu ke distrik-distrik seperti Abedia, Rahabah dan Hareb setelah membuat kemajuan pesat di provinsi tetangga Al-Bayda.

Houthi sekali lagi terseret ke dalam kebuntuan militer di Juba setelah menghadapi perlawanan keras dari pasukan tentara dan suku-suku lokal. Ratusan orang tewas dalam pertempuran sengit selama seminggu terakhir, dan milisi terpaksa mengurangi serangan karena kerugian yang tinggi, kata pejabat itu.

Koalisi Arab pada hari Minggu mengumumkan bahwa mereka telah membunuh 110 Houthi dalam 15 serangan udara yang menghancurkan sembilan sasaran militer Houthi di Marib dan Jouf selama 24 jam terakhir.

Koalisi telah mengintensifkan serangan terhadap Houthi di seluruh Yaman, memukul depot rudal balistik, bengkel pesawat tak berawak dan toko amunisi di Sanaa dan puluhan kendaraan militer dan pejuang menuju ke berbagai medan perang.

Berdasarkan pembaruan harian koalisi tentang serangan udaranya, ratusan Houthi telah tewas dan puluhan kendaraan hancur di Marib dan titik nyala lainnya di Yaman bulan ini.

Pemboman udara berat terhadap sasaran Houthi telah menopang pasukan pemerintah di darat, memungkinkan mereka untuk memukul mundur serangan Houthi dan membuat keuntungan teritorial. – AN

Editor: Erank

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed