oleh

Lebih dari sepertiga dunia tidak pernah menggunakan Internet

TOPIKTERKINI.COM – JENEWA: Sekitar 2,9 miliar orang — 37 persen dari populasi dunia — masih belum pernah menggunakan Internet, kata Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Selasa, meskipun pandemi Covid-19 membuat orang online.

Persatuan Telekomunikasi Internasional PBB memperkirakan bahwa 96 persen dari 2,9 miliar itu tinggal di negara-negara berkembang.
Badan tersebut mengatakan perkiraan jumlah orang yang telah online naik dari 4,1 miliar pada 2019 menjadi 4,9 miliar tahun ini, sebagian karena “peningkatan konektivitas Covid.”

Tetapi bahkan di antara para pengguna Internet itu, ratusan juta mungkin jarang online, menggunakan perangkat bersama atau menghadapi kecepatan koneksi yang menghambat penggunaan Internet mereka.

“ITU akan bekerja untuk memastikan blok bangunan berada di tempat untuk menghubungkan 2,9 miliar sisanya. Kami bertekad untuk memastikan tidak ada yang tertinggal, ”kata sekretaris jenderal ITU Houlin Zhao.

Jumlah pengguna secara global tumbuh lebih dari 10 persen pada tahun pertama krisis Covid — sejauh ini merupakan peningkatan tahunan terbesar dalam satu dekade.

ITU mengutip langkah-langkah seperti penguncian, penutupan sekolah dan kebutuhan untuk mengakses layanan seperti perbankan jarak jauh.

Namun pertumbuhannya tidak merata. Akses internet seringkali tidak terjangkau di negara-negara miskin — hampir tiga perempat orang tidak pernah online di 46 negara kurang berkembang.

Orang yang lebih muda, pria dan kaum urban lebih cenderung menggunakan Internet daripada orang dewasa yang lebih tua, wanita dan mereka yang berada di daerah pedesaan, dengan kesenjangan gender yang lebih menonjol di negara-negara berkembang.

Kemiskinan, buta huruf, akses listrik yang terbatas, dan kurangnya keterampilan digital terus menjadi tantangan bagi mereka yang “dikecualikan secara digital”, tambah ITU – AN

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.