oleh

Ketua DPRD Buol Nyatakan Buol Siap Jadi Tuan Rumah Porprov, Kapan ?

Topikterkini.com.Buol – Ketua DPRD Buol Srikandi Batalipu S.Sos menjadi salah satu narasumber dalam Dialog RRI Toli-Toli, bersama Bupati Buol , narasumber lainnya yakni Wakil Ketua KONI Sulteng, Dan Ketua DPRD Kabupaten Buol, jumat 03/ 12/2021

Srikandi Batalipu, S.Sos dalam paparan nya, menyatakan Buol Siap Melaksanakan, sekalipun tidak harus di paksakan Porprov di Tahun 2022.

“Jika di tunda bukan di Tahun 2022, akan tetapi 2023 Akhir, atau 2024 awal. Maka mungkin Buol siap” Ujarnya.

Seperti penjelasan Bupati, Ketua DPRD juga menyatakan kondisi keuangan daerah yang tidak siap jika harus di bebankan ke daerah.

“Anggaran Daerah Buol tidak ada alokasi untuk Tahun 2022, APBD Provinsi saja hanya 1 Miliar” lanjutnya

Dalam paparan nya Bupati Buol mengulangi kembali bahwa semua elemen di Kab. Buol termasuk dirinya sangat mendukung dan bangga jika Buol menjadi tuan rumah Porprov.

“Saya sangat senang dan bangga, tetapi kita juga harus realistis dengan melihat kondisi real keuangan daerah dalam hal ini APBD” Ujar Bupati.

Menurut Bupati Anggaran Pusat yang di janjikan sejumlah 50an Milyar untuk pembangunan GOR sampai saat ini belum turun. APBD Provinsi Tahun 2022 juga hanya mengalokasikan sebesar 1 Miliar.

“Kalau sebesar 60-an Milyar kebutuan anggaran pelaksanaan Porprov itu di bebankan semua ke daerah, maka tidak ada daerah yang akan sanggup” terang Bupati.

Sebab, pelaksanaan Porprov itu menyangkut 2 hal, yakni Substansi pembiayaan dan rentang waktu yang sedianya akan di laksanakan di Tahun 2022.

Penjelasan Bupati ini tentu memiliki alasan dari sisi Fiskal. APBD Buol banyaj tergerus oleh Defisit, Dana Refocusing Penambahan PNS yang juga membutuhkan biaya cukup besar dari APBD.

Berdasarkan hasil investigasi tim KONI provinsi, dan meninjau venue-venue yang ada, beberapa kesimpulan di ambil.

Pelaksanaan Porprov sulit di laksanakan pada tahun 2023 atau 2024.

“Karena di Tahun 2023 Sulteng sudah fokus pada Pra PON, dan Tahun 2024 adalah waktu pelaksanaan PON” tegasnya.

PON adalah fokus utama yang pra kondisinya adalah Porprov dan Pra PON 2 Tahun sebelumnya.

Dokumen hasil Koordinasi dan Investigasi Pengurus KONI Sulteng ke Kabupaten Buol menurutnya telah di serahkan ke Gubernur Sulteng.

“Sudah di laporkan ke Pak Gubernur, dan menunggu tanggapan Gubernur, terkait Tuan rumah Porprov, dan mencabut keputusan sebelumnya” tutupnya.

(Husni Sese)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.