oleh

Kapal pengangkut Tenaga Kerja Ilegal Asal Indonesia Teggelam Tewaskan 11 Orang, 25 Lainnya Hilang

TOPIKTERKINI.COM – KUALA LUMPUR: Sedikitnya 11 migran Indonesia tewas dan 25 orang diyakini hilang setelah sebuah kapal tenggelam pada Rabu dalam cuaca badai di lepas pantai Malaysia selatan, kata pihak berwenang.

Orang Indonesia yang mencari pekerjaan terkadang mencoba memasuki negara tetangga Malaysia secara ilegal dengan melakukan penyeberangan laut dengan perahu reyot, dan kecelakaan sering terjadi.

Kapal, yang diyakini membawa 50 migran, tenggelam di pagi hari di lepas pantai negara bagian Johor, Malaysia selatan, kata penjaga pantai, mengoreksi angka 60 yang dirilis sebelumnya.

Tentara yang berpatroli menemukan mayat tujuh pria dan empat wanita di pantai, kata kepala penjaga pantai Laksamana Mohamad Zubil Mat Som kepada AFP.

14 orang lainnya ditemukan hidup setelah perjalanan dari pulau terdekat di Indonesia, dan telah ditahan, kata penjaga pantai.

Mereka yang hilang diyakini telah melarikan diri ke persembunyian atau tenggelam, dan pihak berwenang telah mengerahkan perahu dan pesawat untuk memburu mereka.

“Kami sangat menyesali tragedi mematikan ini,” kata Mohamad Zubil kepada AFP. “Saya mendesak para migran untuk tidak memasuki Malaysia secara ilegal.”

Malaysia yang relatif makmur adalah rumah bagi jutaan migran dari bagian Asia yang lebih miskin, banyak dari mereka tidak berdokumen, dan mereka bekerja di industri termasuk konstruksi dan pertanian. – AN

Editor: Erank

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.