oleh

BPBD Takalar Gelar Sosialisasi Penguatan Kapasitas Kawasan, sebagai sarana untuk menghasilkan keberlangsungan pengembangan katangguhan

TOPIKTERKINI.COM, TAKALAR — Bandan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Takalar menggelar sosialisasi penguatan kapasitas kawasan untuk pencegahan dan kesiapsiagaan Angkatan II, di aula kantor Kecamatan Polongbangkeng Utara (Polut), Jum’at (24/12/2021).

Kegiatan ini melibatkan Desa/Kelurahan di tiga kecamatan, yakni kecamatan Pattallassang, kecamatan Polongbangkeng Selatan dan kecamatan Polongbangkeng Utara.

Lingkar tofografi Indonesia sekaligus relawan bencana Nasional, Ahmad Syarif dalam materinya menyampaikan agar dilaksanakan pembentukan forum desa tangguh bencana di setiap desa/kelurahan.

“Pendekatan yang sensitif budaya dan berdasarkan prinsip inklusif, partisipasi dan pemberdayaan adalah sebagai sarana untuk menghasilkan keberlangsungan pengembangan katangguhan,” jelasnya.

Selain itu, ketua SMF Interna sekaligus anggota pendiri TBM periode tahun 1992, dr Musadri Amir Sp.PD, menjelaskan tentang bagaimaa penanganan medis ketika terjadi bencana, serta bagaimana menong sesama namun tetap memperhatikan keselamatan diri sendiri.

“Penting juga memperhatikan kejiwaan pasca bencana, karna biasanya terdapat gangguan psikologis bagi warga yang terdampak bencana,” papar dr Musadri Amir.

Kegiatan ini di buka lansung oleh Kepala Pelaksanaan (Kalak) BPBD Kabupaten Takalar Nuriksan Nurdin didampingi ketua panitia pelaksana kegiatan Kepala seksi pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD kabupaten Takalar Syaripudin. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.