oleh

Bupati Amizaro Waruwu menyerahkan bantuan Kapal, Jaring Penangkap Ikan dan Satelit Garmin kepada Kelompok Nelayan

TOPIKTERKINI/NIAS UTARA-Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara menyerahkan bantuan Kapal, jaring alat tangkap ikan dan Satelit Garmin kepada kelompok nelayan yang sudah memiliki izin koperasi nelayan atau kelompok usaha bersama (KUB). Penyerahan bantuan ini terlaksana di Pelabuhan Lahewa pada sore hari oleh Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu, S.Pd pada hari Jumat (14/01/22).

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara Sabar Jaya Telaumbanua, S.Pi, M.Si menyampaikan dalam laporannya bahwa bantuan paket sarana ini berasal dari Anggaran DAK Tahun 2021, yang di berikan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) atau koperasi nelayan yang sudah terdaftar pada Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara dan sudah memiliki kartu pelaku usaha perikanan (KUSUKA). Bantuan tersebut antara lain kapal dibawah 5GT sebanyak 2 unit, alat penangkapan ikan sebanyak 51 set (17 paket) dan satelit garmin sebanyak 62 unit di 14 kelompok KUB/koperasi nelayan yang ada di kecamatan Tuhemberua, Afulu, Sawo, dan Lahewa.

Wakil Ketua DPD HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) Kabupaten Nias Utara Sukardin Aceh menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara dalam memberdayakan kelompok nelayan di Kabupaten Nias Utara.
“Ini kapal dan bantuan lainnya harus dipelihara dengan baik dan jangan hilang rimbanya dimasa mendatang”.Pesannya.

HNSI sebagai wadah nelayan ada di setiap Kecamatan telah dilantik oleh Ketua Dalifati Ziliwu, M.Pd (29/12/21) hari lampau, kedepan mari kita saling bekerjasama dan sinergi untuk memajukan sektor usaha kelautan dan perikanan di Kabupaten Nias Utara, harapnya.
Mengakhiri sambutannya Sukardin Aceh juga berterimakasih kepada pemerintah dimana bantuan dan perhatian pemerintah kepada nelayan akibat banjir belakangan telah menyentuh seluruh para nelayan yang tidak bisa beraktifitas selama badai dan banjir merendam Nias Utara beberapa Minggu terakhir, tandasnya.

Dalam arahannya, Bupati Nias Utara menyampaikan bahwa paket sarana penangkapan ikan merupakan perwujudan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Nias Utara dalam peningkatan ekonomi masyarakat pesisir di Kabupaten Nias Utara, kedepan kita optimalkan sumber daya dalam pembangunan sektor kelautan dan perikanan di Kabupaten Nias Utara. Lebih lanjut bantuan sarana ini diharapkan supaya di pelihara dan dilaporkan hasil pengelolaannya secara periodik kepada Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara selaku dinas teknis yg membimbing dan mengarahkan nelayan untuk lebih maju. Nelayan berkolaborasi dengan dinas dalam penyiapan kelompok sesuai dengan mekanisme yang ada dan di fasilitasi oleh penyuluh/pendamping perikanan.

“Mari membentuk kelompok atau koperasi nelayan yang lebih produktif. Lembaga permodalan begitu terbuka melayani para pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan seperti KUR dan bantuan permodalan dari LPMUKP Kementerian Kelautan dan Perikanan”.

Manfaatkan akses informasi permodalan tentu dengan memenuhi persyaratan dan mekanisme yang ada, dimana letak hambatan laporkan segera kepada kami, agar nelayan bisa berhasil dalam menaikan ekonomi dan taraf hidup yang lebih baik, mengakhirinya.

Pantauan awak media, setelah acara dihalaman pelabuhan Lahewa seluruh hadirin dan perwakilan penerima bantuan berpindah ke atas kapal untuk foto bersama Bupati, Kadis Perikanan, pengurus Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Camat dan Lurah Lahewa, serta TNI Yos Waruwu, para media dan undangan lainnya. (Junhar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.