oleh

Sambut HPN ke 76, Komunitas Pers di Buol Gelar Bakti Lingkungan Tanam Mangrove

Topikterkini.com.Buol – Dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional ke-76 yang jatuh pada tanggal 9 Februari 2022, puluhan media yang tergabung dalam Komunitas Pers Indonesia di Buol melaksanakan Penanaman mangrove di pesisir pantai Kelurahan Leok I dan II, Selasa (8/2/2022).

 

Acara penanaman mangrove diawali laporan panitia HPN ke 76 yang disampikan oleh Sekretaris Panpel, Bambang Joko sugito.

 

Dalam laporannya, Bambang menyampaikan  momentum HPN tahun ini mengusung tema” Menjaga Konsistensi dan Sinergitas Pers mengawal terwujudnya Kelestarian Lingkungan Hidup di Kabupaten Buol”.

 

“Tema ini adalah refleksi dari tema Nasional Perayaan HPN ke 76 tahun ini, yang mengusung isu Lingkungan,”jelasnya.

 

Dikesempatan itu, Bambang juga melaporkan target penanaman bibit mangrove sebanyak 760 pohon.

 

“Saat ini bibit mangrove yang sudah tersedia untuk siap ditanam ada 400 pohon, dari target yang akan ditanam  sebanyak 760 pohon,”ujarnya.

 

Mengakhiri laporannya, sekretaris Panpel mengucapkan terimakasih dan penghargaannya atas kerjasama dengan Pemda Buol, Polres Buol, TNI, Satgas Covid-19 dan Kominfo.

 

Selain itu, mewakili insan pers yang tergabung dalam komunitas, Bambang juga mengucapkan apresiasi dan penghargaannya kepada PT Hardaya Inti Plantation (PT.HIP) dan pihak swasta lainnya yang membantu mensukseskan terlaksananya kegiatan penanaman ini.

 

Perayaan HPN yang diselenggarakan oleh Komunitas Pers Di Buol tahun ini melaksanakan tiga kegiatan diantaranya, Vaksinasi Anak usia 6-11 tahun pada tanggal 5 Februari lalu, Penanaman Mangrove hari dan Bakti Sosial insan Pers berbagi sembako ke 8 Ponpes dan Panti Asuhan, Fakir miskin dan lansia yang akan di laksanakan pada Puncak perayaan HPN tanggal 9 Februari 2022.

Bupati Buol, Dr. Amirudin Rauf, Sp.OG, M.Si dalam sambutannya mengatakan posisi pers dalam membangun masyarakat madani saat ini telah menjelma menjadi Pilar keempat dalam kehidupan demokrasi.

 

“Perannya yang sangat strategis, tanpa pers sepertinya ada sub sistem yang hilang dari satu sistem kenegaraan,”terang Bupati buol.

 

Dimomentum Hari Pers Nasional yang ke-76 ini Amirudin Rauf berharap kekuatan dan kemandirian pers dalam melaksanakan fungsi tugas sosial kontrol, meski demikian bupati berharap pers dalam melaksanakan fungsinya tetap berpedoman pada rambu rambu sesuai amanat UU Pers No: 40 tahun 2019.

 

“Selamat Hari Pers Nasional yang ke 76, adaptasi, kemandirian dan kekuatan pers adalah suatu kekuatan besar untuk membangun bangsa dan negara,”ucap Amirudin Rauf.

 

Usai sambutan Bupati, prosesi penanaman bibit mangrove dilaksanakan yang diawali secara bersamaan oleh, Bupati, Ketua DPRD Buol, Srikandi Batalipu, Kapolres Buol, AKBP Dieno Hendro Widodo, SIK, Danramil Biau, Kasi Intel Kejari Buol, Usman Lauku, SH mewakili Kajari, Kadis DLH, Sunaryo Raukang.S.Sos, Kadis Kominfo, Drs. Mansyur Hentu, Camat Biau, Jufri Lamadang, SE dan Lurah Leok II, Erwin .S.Sos.

 

Kapolres, Dieno HW yang didampingi Paursubbag Humas, Ipda Ridwan, S.IP beserta PJU Polres Buol, sangat mengapresiasi inisatif bakti lingkungan yang dilaksanakan oleh insan pers di kabupaten Buol.

 

“Ini kegiatan yang sangat positif, selamat hari pers Nasional ke-76, khususnya wartawan di kabupaten buol, semoga semakin maju dalam pemberitaan semakin transparan, objektif dan terpercaya terus mendukung program pemerintah untuk mewujudkan percepatan pembangunan serta mendukung percepatan vaksinasi covid -19,”Tandasnya.

 

Kegiatan penanaman mangrove juga di ramaikan oleh sejumlah pimpinan OPD, penggiat lingkungan dari komunitas Mapala dan Kelompok Pencinta Alam di kabupaten Buol beserta warga setempat.

 

Liputan: Husni Sese

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed