oleh

Labrak Permendagri Dan Edaran Bupati, Kades Lengkese Kembali Berhentikan Perangkat Desa

TOPIKTERKINI.COM, TAKALAR — Aparat pemerintah desa Lengkese kecamatan Mangarabombang kabupaten Takalar yang berjumlah 12 orang di istirahatkan oleh Kepala Desa Syamsi Hindi tanpa alasan yang jelas, Jumat (11/02/2022).

Awal bulan februari lalu Kades Lengkese Syamsi Hindi mengistirahatkan 4 orang staf desa tanpa alasan, kini kades Lengkese mengistirahatkan 8 orang Perangkat desa yang terdiri dari 4 Kasi/Kaur dan juga 4 orang Kepala Dusun.

“Benar kami di istirahatkan oleh Kades yang baru, tanpa ada surat dan alasan yang jelas, ini sangat melanggar aturan Undang-Undang Desa, Permendagri No.67 tahun 2017 mengenai pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa. Kepala desa juga tidak mau menjalankan surat edaran Bupati Takalar,” ucap salah seorang kepala dusun.

“Ini bukan perusahaan yang memakai istilah di rumahkan atau diistrahatkan, ini kantor pemerintahan yang jelas dasar hukum terkait pengangkatan dan pemberhentian aparat/perangkat desa, kalau mau memberhentilan silahkan tapi harus sesuai dengan mekanisme atau regulasi yang berlaku,” lanjutnya.

“Besok kami akan menghadap ke Camat Mangarabombang untuk menegur Kepala Desa yang telah semene-mena menabrak peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Kepala desa Lengkese yang di hubungi via telepon membenarkan telah mengistirahatkan 12 aparat/perangkat desanya.

“Iya, saya telah lakukan itu dan terkait untuk SK Pemberhentiannya tunggu 1 sampai 2 hari kedepan,” tutup kades Lengkese Syamsi Hindi. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed