Gubernur Sulteng Ucapkan Belasungkawa atas Gugurnya Demonstran Kasus Tinombo Selatan

Topikterkini.com.|Palu-Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura, Mengucapkan Bela Sungkawa atas Gugurnya Aldi Demonstran Kasus Tinombo Selatan. Senin , (14/02/22)

 

Apa yang terjadi di tugu Khatulistiwa pada Minggu dini hari adalah peristiwa yang diluar dugaan kita semua akan menelan korban jiwa.

 

Saya sebagai pemimpin daerah Sulawesi Tengah, bertanggung jawab dan menghaturkan bela sungkawa mendalam pada keluarga korban.

 

Sesungguhnya, peristiwa ini di luar dugaan kita, akan memberi ekses duka seperti ini. Padahal, apa yang dituntut oleh warga adalah aspirasi yang telah saya komitmeni, dan terus mengawal hingga saat ini.

 

Pertama, sebagai Gubernur Sulawesi Tengah saya telah menyampaikan duka cita yang mendalam atas peristiwa tersebut yang telah menelan korban jiwa dan mengirimkan Santunan Duka kepada Keluarga Korban.

 

Kedua, Gubernur atas nama Pemerintah Daerah akan membantu aspirasi masyarakat Kasimbar – Tinombo Selatan kepada Pemerintah Pusat atas tuntutan yg disuarakan masyarakat.

 

Saya telah berbicara pada Kapolda dan meminta Kepada Aparat Kepolisian untuk terus melakukan pendekatan humanis kepada semua korban maupun masyarakat yang terdampak atas peristiwa tersebut. Termasuk proses penyelesaian terkait insiden korban jiwa dengan bijak dan berkeadilan.

 

Ketiga, Terkait soal penambangan, sejak awal sebagai gubernur saya telah mendorong agar tata kelola pertambangan memberi manfaat bagi daerah dan masyarakat dengan mekanisme dan aturan yang berlaku, kita juga mendorong proses penegakan hukum atas peristiwa jatuhnya korban .

 

Kita semua tentu, harus berfikir jernih dan dingin menghadapi masalah-masalah ini. Saya berharap, semua pihak saling menahan diri dan mengutamakan dialog.

 

Laporan : Stefi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *