oleh

Antisipasi Lonjakan Covid-19 di Buol, Satgas Sampaikan 7 Poin Penting

Topikterkini.com.|Buol – Meningkatnya Pasien Terpapar Virus Corona,Tim Satgas Kabupaten Buol Lakukan Upaya Pencegahan dan Penanganan Covid-19, dalam hal ini Wakil Bupati Buol H. Abdullah Batalipu S.Sos. M.Si, Selaku Ketua Satgas Covid-19 gelar Rapat Bersama di Aula Lantai II Kantor Bupati. Kamis, (17/02/22). Pukul 10.00 WITA.

 

 

Dalam Rapat Pencegahan dan Penanganan Covid-19 ini Turut dihadiri Wakapolres, Perwira Penghubung 1305 BT, Kasat Pol. PP, Ka.Perhubungan, Ka.Kominfo, Ka.Dikbud, Sekretaris Dinas Kesehatan, Direktur RSUD Mokoyurli, Perwakilan Disporapar, Diskumperindag, Camat Biau, dan Para Lurah se-Kecamatan.

 

Wakil Bupati dalam arahannya menyebutkan untuk rapat kali ini kembali membicarakan tentang tindak lanjut pelaksanaan penanganan covid 19 termasuk vaksin, diawal Tahun 2022 kita sudah menerima surat edaran gubernur dan Instruksi Bupati Buol tentang PPKM level II.

 

Mengingat kondisi Kabupaten Buol kita sekarang ini berdasarkan rilis dinas kesehatan di Kecamatan biau sudah ada terdapat orang yang terkonfirmasi dengan jumlah 16 orang sedang dilakukan isolasi mandiri dan 2 orang sedang dalam perawatan di rumah sakit Mokoyurli Kabupaten Buol, di kecamatan bokat ada 2 orang yang telah terkonfirmasi ini dan rata rata merupakan para pelaku perjalanan,” ujar H. Abdullah Batalipu S.Sos. M.Si,

 

” jadi kita perlu melaksanakan semua aturan yang sudah tercantum di dalam surat keputusan Bupati Buol dalam penanganan kasus konfirmasinya masyarakat kita yang ada di wilayah Kabupaten Buol agar tidak meloncat jumlah positif di daerah kita” tegasnya

 

Lebih lanjut beliau menegaskan terkait Menindaklanjuti surat edaran Gubernur Sulawesi Tengah nomor 4 Tahun 2022 tentang pembatasan kegiatan pada masa pandemi Corona virus disease 2019( covid-19) serta untuk mengantisipasi lonjakan kasus terkonfirmasi covid-19, termasuk yang saat ini terjadi di daerah kita saat ini. Maka beberapa hal dapat menjadi perhatian diantaranya :

 

1. Menegakkan Peraturan Bupati Buol nomor 22 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam upaya pencegahan dan pengendalian Corona virus disease 2019 (Covid 19)

 

2. Mengaktifkan kembali posko-posko Satgas covid 19 pada tingkat kecamatan dan Desa dan Kelurahan.

 

3.Memperketat penerbitan rekomendasi izin kegiatan dan bilamana diterbitkan rekomendasi maka petugas Satgas covid 19 setempat melakukan Pemantauan dan pengawasan terhadap kepatuhan protokol kesehatan dalam penanganan covid 19 di tempat kegiatan.

 

5. Setiap pelaku perjalanan dari luar daerah baik via darat laut dan udara yang akan memasuki wilayah wajib menunjukkan hasil pemeriksaan rapid test antigen negatif atau hasil pemeriksaan Real Time – PCR dativ yang berlaku 2 x 24 jam serta menunjukkan kartu vaksin dan dicek keasliannya oleh petugas pemeriksa .

 

6. Kepada Camat kepala desa lurah memantau dan mendorong secara langsung pelaksanaan vaksinasi bagi anak-anak dan usia lanjut.

 

7. Covid-19 bekerjasama dengan TNI / Polri memastikan Setiap kegiatan ekonomi masyarakat dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

 

 

Di tegaskan wakil Bupati Selaku ketua Satgas Penanganan Covid 19 Kabupaten Buol, Surat edaran tersebut berlaku sejak tanggal ditetapkan, dan diharapkan pemerintah Kecamatan Lurah/ desa Menindaklanjuti surat ini melanjutkan ke masyarakat.***

 

Laporan : Husni Sese

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed