oleh

Pemkab Agam Dirikan Posko Damkar di Kecamatan Tanjung Raya

Topikterkini.com.Agam – Plt Kepala Satpol PP Damkar Agam, Helton mengatakan Kecamatan Tanjung Raya dan Matur merupakan kawasan yang kerap menjadi langganan bencana, baik bencana alam maupun bencana kebakaran.

Mempercepat layanan dan jangkauan penanganan saat terjadi bencana, Pemerintah Kabupaten Agam mendirikan Posko Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kecamatan Tanjung Raya Kab.Agam Sumatera Barat.

“Untuk mempercepat layanan dan jangkauan penanganan saat bencana, maka Posko Damkar ini didirikan di Tanjung Raya, dengan harapan dapat meminimalisir risiko akibat bencana di dua kecamatan tersebut,” ujarnya, Kamis (17/02/2022).

Lebih lanjut disebutkan, Posko Damkar yang berada di Kantor Camat Tanjung Raya diresmikan pada Rabu (16/2/2022) kemarin. Satpol PP-Damkar Kabupaten Agam mensiagakan 10 personel dan satu unit mobil pemadam kebakaran di posko itu.

Dengan diresmikannya Posko Damkar Tanjung Raya, Saat ini Pemkab Agam telah memiliki lima Posko Damkar, yakni Posko Damkar Kecamatan Lubuk Basung yang juga posko induk, Posko Damkar Tiku di Kecamatan Tanjung Mutiara, Posko Damkar Sungai Tanang di Kecamatan Banuhampu, Posko Damkar Biaro di Kecamatan Ampek Angkek.

Selain lima posko yang sudah ada, Satpol PP Damkar Kabupaten Agam juga merencanakan pendirian dua posko lagi, yakni di kawasan Bawan Kecamatan Ampek Nagari dan kawasan Gaduik Kecamatan Tilatang Kamang.

“Rencananya dua posko ini ditargetkan berdiri dalam waktu dekat,” sebutnya.

Helton mengungkapkan, wilayah Kabupaten Agam yang cukup luas membuat pihaknya kewalahan melakukan mitigias bencana. Dikatakan, setidaknya diperlukan 16 Posko Damkar atau satu per kecamatan.

Saat ini untuk menangani kejadian kebakaran di Kabupaten Agam, pihaknya menyediakan sebanyak tujuh unit mobil pemadam kebakaran dengan 90 orang personel.

“Kami juga mengusulkan penambahan dua unit mobil Damkar pada 2023,” ujarnya. (Syafrianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed