oleh

Raja Gowa hadiri Pengukuhan Perangkat kerajaan Binuang Polewali Mandar

TOPIKTERKINI.COM – POLMAN: Raja Gowa Ke-38 PYM Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang Batara Gowa III beserta Permaisuri Andi Hikmawati Kumala Idjo dan perangkat Kerajaan Gowa menghadiri Pengukuhan Parangkat kerajaan Binuang tersebut digelar di gedung gadis Kelurahan Darma, Kecamatan Polewali, Kabupaten Polman. Minggu, (27/2/22)

Raja Gowa hadiri Pengukuhan Perangkat kerajaan Binuang Polewali MandarRaja Gowa PYM Andi Kumala Idjo Karaeng Lembang Parang dalam sambutannya mengatakan, raja tidak mungkin dapat menjalankan tugasnya dengan baik tanpa bantuan perangkatnya. “Kedepan kita harapkan menjadi harapan suatu bangsa karena budaya adalah mata rantai yang mempersatukan nusantara. Untuk itu kita perlu menjaga dan melestarikan secara bersama dan bukan hanya tanggungjawab pemangku adat tapi tanggungjawab semua lapisan masyarakat,” pesannya.

Selain itu pemeritah, juga harus berperan aktif. Saya berharap Kerajaan Binuang dapat bersinerhi dengan pemerintah dalam pelestarian budaya

Turut hadir dalam pengukuhan perangkat kerajaan binuang antara lainnya Pemangku Adat Kerajaan Bone PYM. Andi Baso Hamid ,RAJA MARUSU PYM. Andi Abd. Waris Tajuddin ,KETUA MKT Maros YM. H. Andi Fachry Makkasau Karaeng Simbang dan tampak hadir perwakilan dari kerajaan Mamuju dan perwakilan kerajaan Luwu.

Dalam pengukuhan Perangkat kerajaan Binuang  dilantik semdiri oleh Arajang Binuang XVIII yakni, PYM Andi Irfan Mappaewang.

Dalam sambutannya Arajang Binuang XVIII tersebut berharap, dengan dilantiknya Perangkat Kerajaan Binuang, bisa lebih pro aktif, lebih sigap menangani permasalahan masyarakat.

Ditambahkan pula Andi Herwin Saputra Achmad selaku Arung Malolo sekaligus ketua panitia pengukuhan tersebut mengatakan bahwa “hampir semua rumpun hadir dalam pelantikan. Dan yang terpilih adalah orang-orang yang mempunyai hak serta iklas menjaga serta merawat nilai-nilai luhur yang jauh sebelumnya sudah ada.” Ia juga menegaskan, kegiatan tersebut adalah salah satu upaya melestarikan budaya dengan mengajak semua rumpun Wija To Binuang menjaga dan melestarikan kebudayaan di Kerajaan Binuang

Laporan: Andi Arfan A. Idjo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed