oleh

Bupati Rohil Hadiri Peringatan 100 Tahun Wafatnya Leutenan Oei Hi Tam

Topikterkini.com.Rokan Hilir – Senin 19/03/2022 – Keluarga atau keturunan Leutnan Oi Hi Tam menggelar peringatan 100 tahun wafatnya Leutnan Oi Hi Tam 1922-2022, Senin (21/3/2022).

Peringatan yang dilaksanakan di makam Oei Hi Tam, Jalan Pahlawan, Gang Putra tersebut secara langsung dihadiri Bupati Rohil Afrizal Sintong, Kajari Rohil Yuliarni Appy, anggota DPRD Rohil Jaskori, para kepala OPD, Ketua multi marga tionghoa Rendi Gunawan, para keturunan dan keluarga Letnan Oei Hi Tam dan berbagai unsur lainnya.

Siswaja Mulajdi selaku ketua panitia pelaksana dalam laporannya mengatakan, oei hi tam adalah seorang kapiten pertama di Bagansiapiapi.

“Perayaan seperti ini sudah sangat wajar dilakukan sebagai bentuk terima kasih atas jasa dan pengabdian nya saat itu,” katanya.

Adapun beberapa jasa oei hi tam lanjutnya, diantaranya, di bidang pendidikan yang memprakarsai pendirian pendidikan dan bank dimana bank. Dimana, BRI nomor 2 di Indonesia ada di Bagansiapiapi.

“Dibidang sosial juga bekerjasama dengan perwakilan pemerintah Belanda saat itu membuat klinik yang saat ini RSUD RM Pratomo dan masih kita nikmati. Karena jasa beliau lah banyak kita rasakan saat ini, sehingga peringatan ini mengingatkan kita bahwa dulu ada seorang kapitan sangat berjasa di Bagansiapiapi,” jelasnya.

Dengan momen ini sebutnya, juga sebagai pernyataan kepada Pemda agar mencari data maupun fakta tentang sejarah yang telah disampaikan, jika keberadaan dan sejarah itu benar, maka sudah selayak nya Pemda memberikan penghargaan kepada beliau dan keluarga maupun keturunannya.

Dalam peringatan ini tambah Siswaja, juga dilaksanakan bakti sosial pengobatan gratis, vaksinasi serta donor darah. Disamping itu katanya, juga ada 70 paket bantuan sosial kepada masyarakat sekitar, ritual dan doa bersama para keluarga.

Kartono huang yang merupakan salah satu keturunan oei hi tam dalam kesempatan itu juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Rohil dan segenap unsur yang telah hadir dalam peringatan 100 tahun wafatnya Kapiten Oei Hi Tam.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya mengatakan, pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan mengenang sejarah 100 Tahun wafatnya Leutenan Oi Hi Tam yang banyak berkontribusi untuk pembangunan Bagansiapiapi.

“Mungkin banyak diantara kita yang belum tahu tentang sejarahnya dan pembangunan yang ia lakukan pada masa itu. Diantaranya mendirikan sekolah, rumah sakit, bank dan lainnya,” katanya.

Selaku Pemerintah Daerah sebutnya, tentunya menyambut baik kegiatan tersebut karena memiliki nilai positif bahwa salah satu warga Tionghoa ratusan tahun lalu sudah berkontribusi turut membangun daerah ini.

Tentunya tambah Bupati, ini sangat patut di contoh dan diikuti jejaknya oleh generasi penerus saat ini. Salah satunya lagi, ada warga Tionghoa dari Rohil yang sudah sukses di Jakarta, dan mereka bersama-sama siap membangun jembatan Sinaboi dengan anggaran 26 Milyar.

“Inilah yang kami harapkan, kita sama-sama membangun daerah yang kita cintai ini. Kita doakan Semoga arwah Kapiten Oi Hi Tam ditempatkan ditempat yang layak dan semakin banyak lagi muncul Kapiten Oei Hi Tam lainnya di Rohil ini,” paparnya.

Laporan: syafrizal

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed