oleh

Bupati Agam Launching 42 Event Nagari Wisata Masuk Kalender Disparpora Tahun Ini

Topikterkini.com.|Agam – Sebanyak 42 event di nagari wisata masuk kalender tahunan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Agam yang bakal dilaksanakan sepanjang 2022.

 

Kalender event ini, dilaunching Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, di Hotel Nuansa Maninjau Matur, Senin (21/3/2022).

 

Secara prinsip, Bupati Andri Warman mensupport event yang masuk kalender tahunan Disparpora itu, karena menurutnya dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Agam, terutama nagari yang jadi pelaksana kegiatan.

 

“Meski ini event di nagari, tapi pelaksanaannya tetap di bawah bimbingan Disparpora. Saya mensupport event kalender pariwisata ini,” ujarnya.

 

Ia mengakui, tahun kemarin event pariwisata belum bisa dilaksanakan secara maksimal, akibat pandemi yang belum berakhir.

Jika tahun ini pandemi berlalu, menurutnya pariwisata dapat dikembangkan dan bisa mendatangkan wisatawan untuk berkunjung ke Agam.

 

“Jika wisata pulih tentu kunjungan wisatawan meningkat, yang berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat,” sebutnya.

 

Sementara itu, Kepala Disparpora Agam, Syatria menyebutkan, nagari di daerah itu terutama 21 nagari wisata yang ada telah menyusun serangkaian event sesuai potensi masing-masing.

 

“Event dilaksanakan beragam yang dapat menarik orang untuk datang menyaksikan kegiatan itu,” katanya.

 

Dari 42 event diantaranya festival tambua tansa di Nagari Kamang Hilia, pagelaran seni budaya dan UMKM di Koto Kaciak serta banyak lainnya.

Sebetulnya kata Syatria, dari jumlah event sudah ada yang digelar sejak Januari 2022.

 

Dengan dilaunchingnya kalender event ini, dimintanya kegiatan yang belum terlaksana agar tuan rumah baik nagari, pokdarwis maupun penggiat wisata untuk menyiapkan diri, supaya kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik.

 

“Mari kita promosikan event kalender ini. Kita berharap pelaku usaha yang bergerak bidang perjalanan wisata, juga untuk mempromosikan event kalender ini pada tamu,”tutupnya.

 

(Syafrianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed