oleh

Cara Unik Pemuda Padungnyo Membangunkan Sahur Warga

Topikterkini.com.Banggai – Setiap daerah tentu memiliki tradisi masing-masing saat bulan Ramadan. Di Kecamatan Nambo, Kabupaten Banggai, khususnya di Desa Padungnyo, pemudanya punya tradisi unik dalam hal membangunkan orang untuk sahur, yaitu gerobak Ramadhan

Gerobak Ramadhan merupakan sekelompok grup musik yang terdiri dari sejumlah pemuda di desa Padungnyo. Mereka berkeliling dari Desa ke desa di wilayah Kecamatan Nambo, biasanya sekitar pukul 01.30 mereka mulai berjalan kaki hingga 03.30 WITA, dengan melantunkan lagu-lagu khas daerah ciptaannya.

Para pemuda ini dulunya hanya menggunakan alat-alat musik tradisional. Namun seiring berkembangnya zaman berkat dukungan pemerintah Desa kini alat musik gerobak Ramadhan telah bertransformasi menggunakan alat musik modern.

Selain alat musik, mesin genset dan speaker juga menjadi bagian alat pendukung mereka agar suara musik gerobak Ramadhan tersebut terdengar lantang dan diharapkan bisa membangunkan sahur, khususnya bagi umat muslim yang akan menjalankan ibadah puasa.

Said Toindeng, Kepala Dusun II Desa Padungnyo, Kecamatan Nambo, Kabupaten Banggai, mengaku sangat merindukan momen membangunkan orang sahur seperti saat ini. Pasalnya, dua tahun terakhir gerobak Ramadhan harus parkir karena pandemi COVID-19.

“Kalau sekarang sudah landai COVID-nya. Jadi alhamdulillah bisa membangunkan orang sahur lagi pake gerobak Ramadhan kata pria yang ikut dalam rombongan gerobak Ramadhan, Selasa 5/3/2022.

Sudah sejak remaja Said selalu melakoni aktivitas membangun sahur di desanya selama bulan Ramadan. Menurut Said gerobak Ramadhan tak hanya sekedar nilai budaya, gerobak Ramadhan juga mempunyai nilai-nilai ibadah.

“Dengan suka rela kami membangunkan sahur warga. Dari sisi lain menjalankan kewajiban ibadah puasa di bulan Ramadan juga mudah-mudahan ini bisa menjadi ladang ibadah kami,” pungkasnya.

Laporan: Afri Nambo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed