oleh

Bentuk Imunitas Merata, Dandim 1615/Lotim : Bulan Puasa, Vaksinasi Covid-19 Harus Tetap Jalan

 

Topikterkini.com.Lombok Timur – TNI, Polri dan Pemerintah Daerah terus bersinergi dalam percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Lombok Timur termasuk di bulan ramadhan. Pada bulan puasa, Kodim 1615/Lotim bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Lombok Timur menggelar vaksinasi pada malam hari.

Demikian dikatakan Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Amin Muhammad Said, SH., di Makodim jalan Prof. M. Yamin Selong, Kamis (7/4/2022).

Dalam pelaksanaan vaksinasi malam hari ini, masing-masing Koramil menentukan dan menyiapkan lokasi vaksin secara bergilir terutama di tempat-tempat umum agar lebih efektif dan efisien.

Seperti kita ketahui, lanjut Amin, aktivitas masyarakat pada malam hari di bulan puasa lebih cendrung di masjid untuk melaksanakan ibadah baik sholat tarawih maupun tadarusan.

“Disela-sela ini bisa dilakukan kegiatan vaksin bagi warga kita yang belum melaksanakan vaksinasi baik dosis 1, dosis 2 maupun booster seperti yang dilakukan di Masjid At-Taqwa Pancor semalam,” jelasnya.

Menurutnya, vaksinasi malam hari ini sengaja dilakukan untuk menghindari keraguan bahwa vaksinasi pada siang hari dapat membatalkan puasa. Menurut fatwa MUI Nomor 13 Tahun 2021, melakukan vaksinasi Covid-19 saat berpuasa tidak membatalkan puasa.

“Jadi sebenarnya tidak ada masalah baik siang maupun malam hari, namun karena ada “kekhawatiran itu maka kita lakukan malam hari untuk kebaikan kita bersama,” beber pria kelahiran Ternate itu.

Ia juga menjelaskan Vaksinasi Covid-19 malam hari juga sebagai bentuk perhatian pemerintah untuk menfasilitasi masyarakat yang belum melaksanakan vaksin sekaligus untuk mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 di daerah sesuai arahan Panglima TNI sehingga pembentukan imunitas masyarakat betul-betul terbentuk secara merata.

“Jadi setiap diri kita berkewajiban berpartisipasi dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona dengan mengikuti program vaksinasi Covid-19 guna memwujudkan kekebalan kelompok secara menyeluruh,” jelasnya.

“Yakinkan diri sudah melaksanakan vaksinasi Covid-19 baik dosis 1, dosis 2 dan booster agar aman dari virus corona dan beraktivitas,” pungkasnya.

Sebagai informasi, vaksinasi Covid-19 untuk wilayah Kabupaten Lombok Timur per tanggal 5 April 2022 untuk dosis 1 sebanyak 97,72 %, dosis 2 sebanyak 85,94 % dan booster sebanyak 7,59 %. Malam ini vaksinasi dilaksanakan di Kantor ASDP Pelabuhan Kayangan Kecamatan Pringgabaya.

 

Liputan: RiL

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed