oleh

Tim Ramadhan Ninik Mamak 17 Bambang Beri Cedra Mata dan Ceramah Adat Istiadat di Masjid Ubudiyah Duku Jorong Bamban Nagari Ampek Koto Palembayan.

Topikterkini.com_Agam.
Rabu tanggal13 April 2022 rombongan tim ramadhan Ninik mamak nan tujuh belas Bamban Nagari Ampek Koto Palembayan kembali melaksanakan kegiatan safari ramadhan ke Mesjid Ubudiyah Kampung duku jorong.Bamban Nagari Ampek koto palembayan kabupaten Agam provinsi sumatera Barat.

ω

kegiatan tim Ramadhan ninik mamak tujuh belas ini ditetapkan sebanyak 4 kali kunjungan dibulan sucu ramadhan 1443 ini yaitu di empat titik diantaranya, di masjid al ihsan kampung Lariang, di masjid Ubudiah kampung Duku, Mushola Muhajirin Padang Datar lariang, Mesjid Al hidayah Bamban.

Pembagian di empat titik ini berdasarkan hasil musyawarah ninik mamak tujuh belas.bamban dengan dasar pertimbangan karena 4 wilayah tersebut adalah daerah kekuasaan17 Datuak ninik mamak sesuai menurut Adat di nagari Ampek koto Palemvayan.

Dalam kegiatan tim ramadhan di mesjid ubudiah tersebut secara kebetulan bergabung dengan Tim Ramadhan Nagari Ampek Koto Palembayan dan utuk ceramah di bagi 3 penceramah diantaranya dibidang pemerintahan Nagari disampaikan langsung oleh wali Nagari ampek koto palembayan Roni Akmal SE Datuak Maruhun.

Dengan isi pidatonya adalah tentang kemajuan dan yang telah dicapai serta yang akan diusahakan selama beliau menjabat wali nagari.
Roni Akmal wali Nagari menjelaskan di Nagari ampek koto palembayan sekarang sudah memiliki BUMNAG yakni Badan usaha milik Nagari.

Dengan usaha usaha sebagai berikut

menerima ketikan surat memiliki koperasi dan memiliki kendaraan L300 untuk jasa transportasi yang dibutuhkan masyarakat dan wali Nagari juga menyampaikan akan membentuk lembaga pendidikan islam ditingkat Tsnawiah setara SMP dengan mengutamakan pendidikan agama islam dan surat suratnya sudah selesai.

Berupa izin dari kakamenag kabupaten agam tinggal masyarakat kita di Nagari ini untuk bersekolah ditempat yang telah kita sediakan tersebut mengenai guru guru kita memakai guru guru SMP dan guru guru SMA yang ada di nagari kita ini pungkas wali nagari Ampek Koto Palembayan.

Penceramah Dibidang Adat istiadat disampaikan oleh Nofriyol Datuak Rajo Nan Panjang dalam pidatonya beliau menyampaikan dua hal untuk anak cucu kamanakan datuak datuak ninik mamak 17 bamban dua hal tersebut adalah, masalah kawin sasuku/satu suku diminangkabau dan resikonya yang, masalah harto pusako tinggi di adat minangkabau.

Akibatnya Pembahasan kawin satu suku Nofriyol Datuak Rajo Nan Panjang menjelaskan pada masyarakat isi sidang jamaah mesjid ubudiyah dimana kawin sasuku menurut hukum agama islam tidak haram dan tidaak dilarang namunndi adat alam.minangkabau merupakan Pantang atau berpantang kawin sasuku dengan berbagai resiko yang sudah.

Pasti akan dialami kedua pasangan kawin satu suku tersebut diantaranya pertama moral kurang baik dipandang oleh masyarakat secara umum kedua bila twrjadi pertengkaran pasangan tersebut suapa yang harus keluar rumah sang suami tentu tudak mungkin karena dia nerasa lebih berhak.

Sang istri juga tudak munfkin karena jugs merasa lebih berhak dirumah tersebut ketiga datuak rajo nan panjanf menjelaskan bahwa satu suku diminangkabau sesungguhnya satu asal ysul keturunan rumah gadang beberapa tahun.silam jadi ndak mungkin dikawini menurut adat terkait yang ke 2 dijelaskan Datuak Rajo Nan panjang.

Tentang pusako tinggi pusako tinggi tidak boleh diperjual belikan oleh masyarakat adat alam minangkabau dengan dasar adalah pusako tinggi itu adalah harta turunan dari nenek moyang kita dulu artinya sang ibu memiliki sibidang tanah yang diperoleh dari ibunya,sang ibunya tersebut juga memperoleh dari ibunya begitu seterusnya.

Artinya pusako tinggi tersebut adolah milik kaum suku atau yang lebih tepatnya adalah pusako tinggi adolah milik Allah tidak boleh diperjualbelikan oleh kita semua karena bisa beresiko kalaupun ajan dilakukan juga jual beli pagang gadai tanah pusako tinggi ada 4.persaratan yang harus dipenuhi ketentuan sesuai adat alam minang.

Mayat terbujur ditengah rumah itupun.hanya sekedah.biaya penyelenggsraan mayat tersebut ke 2 Rumah gadang ketirisan/bocor boleh digadaikan itupun hanya sekedar pembiayaan perbaikan rumsh tersebut ke 3 Gadih gadang indak balaki/ gadis vesar tidak bersuami,itu juga ganya 7ntuk biaya pelaksanaan tersebut ke 4 penghulu tidak berdiri,artinya.

Untuk biaya pelaksanaan baragak penghulu pungjas Nofriyol Datuak Rajo Nan Panjang penceramah agama disampaikan olehnsyafril Datuak penghulu basa yang isi ceramah beliau adalah tentang peningkatan keima umat muslim yang beriman pada Allah subhanallahuta’ala dan pertahankan keimanan kemaian masjid kita inin sampai selesai puasa ramadhan ini.

Ungkap penceramah agama syafril datuak penghulu basa usai memberikan ceranah para tim memberikan cendra mata untuk masjid ubudiyah diantaranya dari tim Nagari menyerahkan sepasan speker toa dengan nilai seharga +- Rp.2.000.000 dan dari ninik.mamak 17 Bamban i buah jam dinding( Syafrianto )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed