oleh

Bupati Buol Tegaskan Gaji BPD Domag Mekar Wajib Dibayarkan Kades

Topikterkini.com.Buol – Bupati Buol Amirudin Rauf menegaskan tidak ada alasan bagi Kepala Desa Domag Mekar Kecamatan Bunobogu Kabupaten Buol Sulawesi Tengah untuk tidak membayarkan ataupun menahan gaji Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Penegasan itu disampaikan Bupati Buol saat dikonfirmasi media ini pada tanggal 13 Desember 2021 lalu di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Buol.

Amirudin Rauf mengatakan, sikapnya sangat tegas bahwa tidak ada alasan apa pun dari Pemerintah Desa dalam hal ini Kepala Desa Domag Mekar MOH. IHSAN, SH, MH, untuk tidak membayarkan gaji Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Sikap saya tegas, tidak boleh orang punya gaji tidak dibayar. Tidak ada alasan untuk tidak membayar gaji aparat. Kalau memang tidak ada uang, tidak usa bikin apa-apa, prioritas pertama itu gaji,” tegas Amirudin Rauf.

Selain itu sebut Bupati Buol, tidak ada alasan bahwa gaji Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang di tahun 2020 tidak dibayarkan oleh Kades dan dikembalikan ke kas Negara, serta tidak ada alasan juga untuk bayarkan gaji BPD harus kordinasi dengan pihak Inspektorat dulu.

“Tidak ada alasan orang punya gaji dikembalikan kas negara, oyo alasanio (apa alasanya), BPD inikan bukan eksekutor, BPD ini adalah pengawas. Yang eksekutor itu adalah kepala Desa, jadi kalau ada penyimpangan di desa yang mestinya mengeksekusi kades bukan BPD. BPD Cuma mengawasi,”sebut Bupati.

Bupati Buol dikesempatan itu menyampaikan, jika dalam waktu tujuh hari kepala Desa tidak punya itikad baik bayarkan gaji BPD Domag Mekar, beliau menyatakan apakah akan lanjut dilaporkan ke aparat penegak hukum atau bagaimana akan dilihat perkembangannya.

“Kalau dalam waktu satu minggu tidak dibayarkan kodoyo (bagaimana), apakah kita akan lapor ke aparat hukum atau bagaimana nanti dilihat,” tutup Bupati Buol Amirudin Rauf.

Liputan : Tiem

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed