oleh

Pelabuhan Abd Faisal Pontoh Salah Satu Rute Kapal Penumpang PT. ASDP Indonesia Ferry

Topikterkini.com.Parimo – Meski Pelabuhan And Faisal Pontoh Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Sulteng tidak masuk program mudik gratis menggunakan kapal Pelni, namun pelabuhan ini akan  melayani kapal penumpang perintis, demikian disampaikan Kepala Pelabuhan kelas tiga Parigi Abdul Faisal Pontoh, Senin 18 April 2022.

Ia menjelaskan, secara normal angkutan kapal perintis masih tetap berlabuh di Parigi meski jadwal keberangkatan dalam sebulan hanya dua kali, karena armada laut tersebut melayani sejumlah rute yang ada di kawasan Teluk Tomini.

Parigi Moutong, salah satu rute tujuan kapal angkutan penumpang milik PT ASDP Indonesia Ferry. Pangkalan armada tersebut berada di Pelabuhan Pagimana, Kabupaten Banggai dan Pelabuhan Ampana, Kabupaten Tojo Una-una.

“Kapal perintis biasanya melakukan pelayaran 12 hingga 14 hari sekali perjalanan. Sehingga dijadwalkan hanya dua kali perjalanan dalam sebulan. Tetapi biasanya, di momen-momen seperti ini penumpang juga antusias menggunakan jasa kapal perintis,” ujar Faisal.

Ia mengemukakan, sejak hampir dua tahun terakhir, transportasi laut ini melayani rute Parigi tidak ada terjadi lonjakan penumpang yang signifikan, dalam artian kondisinya masih berlangsung normal.

“Tidak adanya lonjakan penumpang, karena masyarakat mungkin banyak alternatif transportasi lain ke tempat tujuan,” ucap Faisal.

Ia menambahkan, meski Pelabuhan Parigi tidak masuk dalam program mudik, namun otoritas setempat tetap berkomitmen memberikan pelayanan prima bagi masyarakat menggunakan jasa angkutan penumpang tersebut. Sebab, bagaimana pun moda transportasi ini bagian dari program Pemerintah Pusat yang disubsidi dikhususkan untuk melayani daerah-daerah terdepan, terpencil dan tertinggal (3T).

Laporan: Sutrisno

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed