oleh

Tingkatkan Akreditasi, TIM Asesor LAP Perpustakaan RI Lakukan Penilaian Perpusda Kota Padang Panjang

TOPIKTERKINI.COM – PADANG PANJANG: Tim Asesor Lembaga Akreditasi Perpustakaan (LAP) Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI), Kamis (21/4/2022), lakukan penilaian akreditasi ke Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kota Padang Panjang.

Kedatangan tim yang dipimpin Drs. Bambang Supriyo Utomo didampingi Pustakawan Utama, Dra. Adriati dan Pustakawan Ahli Pratama, Defrina Windyasti, S.I.Pust turut disambut Sekretaris Daerah Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK), Yan Kas Bari, S.E serta pejabat dan staf lainnya di Balai Kota.

Bambang mengatakan, tujuan akreditasi perpustakaan adalah meningkatkan kepercayaan masyarakat (pemustaka) terhadap kinerja perpustakaan. Serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP).

Manfaat akreditasi bagi perpustakaan yang terakreditasi adalah meningkatkan motivasi lembaga perpustakaan (termasuk sumberdaya manusia) untuk meningkatkan kinerjanya.

“Kegiatan pemeriksaan yang kami lakukan terkait bukti fisik akreditasi perpustakaan. Dilakukan dengan memverifikasi instrumen akreditasi yang meliputi enam komponen, yaitu koleksi perpustakaan, sarana dan prasarana, pelayanan, tenaga, penyelenggaraan dan pengelolaan, serta inovasi dan keunikan yang ada di Perpusda Padang Panjang,” ucapnya.

Ia menyebutkan, verifikasi instrumen akreditasi dilakukan dengan wawancara langsung asesor dengan tim penyusun bukti fisik pada masing-masing komponen akreditasi perpustakaan. Ini akan berlangsung selama dua hari hingga besok.

“Harapan kami melalui akreditasi ini, dapat menilai sejauh mana pelayanan yang ada di Perpusda Padang Panjang. Sehingga dapat memenuhi tuntutan kepuasan pemustaka yang membutuhkan pelayanan yang cepat dan tepat sesuai dengan perkembangan zaman yang serba digital,” sebutnya.

Sementara itu, Sekdako Sonny mengucapkan terima kasih atas kunjungan tim asesor. “Masukan dan saran bapak ibu, kami terima dan akan menjadi bahan pertimbangan dalam meningkatkan semua aspek yang ada di perpustakaan agar lebih baik ke depannya,” sebut Sonny.

Sedangkan Yan Kas Bari menyebutkan, visitasi akreditasi perpustakaan ini dilakukan atas tindak lanjut dari DPK yang telah mengirimkan dokumen permohonan untuk dilakukan akreditasi ke Perpusnas RI.

“Semoga tahun ini akreditasi Perpusda dapat naik menjadi A setelah sebelumnya pada tahun 2013 hingga sekarang mendapat akreditasi C, Sehingga nanti kalau sudah A, dapat meningkatkan motivasi lembaga perpustakaan untuk meningkatkan kinerjanya,” harapnya.

(Syafrianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed