oleh

Bupati Buol Diwakili Plt Sekab Hadiri Raker BKSU di Kabupaten Bone Bolango

Topikterkini.com.Gorontalo – Bupati Buol Amirudin Rauf diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Kabupaten Buol, Drs. Arianto Rioeh, M.Si didampingi Kadis Perikanan dan Kelautan, Moh.Kachfi, S.Pi. M.Si, Kepala Bappeda, Ir. Ibrahim Rasyid, M.Si, Kadis Pemuda Olah raga dan Pariwisata, DR.Tonang Malongi, S.Pd, M.Pd menghadiri rapat Kerja (Raker) Badan Kerjasama Sama Utara Utara (BKSU) di Ruang Linggua Kantor Bupati Bone Bolango, Rabu 11 Mei 2022.

Rapat pembahasan Program Kerja BKSU juga dihadiri oleh Bupati Bolaang Mongondo Utara, Bupati Gorontalo utara ini, Wakil Rektor IV UNG, Prof. DR Fachrudin Zain Olilingo, SE. M.Si Selaku Sekretaris BKSU.

Bupati Bone Bolango Dr. H. Hamim Pou, S.Kom. M.H selaku Ketua BKSU, saat memimpin rapat mengatakan
Raker kali ini membahas beberapa aspek diantaranya terkait kemitraan triple helix untuk pengembangan industri peternakan sapi di Bolmut dimana yang menjadi penyangganya adalah daerah yang tergabung dalam anggota BKSU yaitu Kabupaten Buol, Kabupaten Gorontalo Utara dan juga Kabupaten Bone Bolango.

Sementara Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara, Drs. H. Amin Lasena, M. AP dikesempatan itu menegaskan bahwa “Triple helix merupakan bentuk keseriusan dari pemerintah daerah dalam mewujudkan pengembangan industri sapi di wilayah Bolaang Mongondow Utara, hal ini akan berhasil dan berkembang jika mendapatkan dukungan dari daerah yang menjadi anggota BKSU sehingga memberikan dampak positif bagi masyarakat, khususnya masyarakat di wilayah empat Kabupaten (Kabupaten Buol, Bolaang Mongondo Utara, Gorontalo Utara dan Bone Bolango) yang tergabung dalam BKSU.”

Agenda lain yang dibahas pada rapat kerja kali ini adalah pembentukan tim kerja persiapan SAIL BKSU untuk pengembangan destinasi wisata di wilayah daerah yang termasuk pada BKSU, serta persiapan pertemuan tiga gubernur di wilayah BKSU yaitu Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah.
Hal ini sesuai dengan tujuan dari dibentuknya badan kerja sama utara-utara (BKSU) yakni mendorong percepatan pembangunan kawasan utara Sulawesi dengan prinsip saling membutuhkan, saling mendukung, saling memperkuat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sehingga secara Rinci Plt. Sekab Drs.Arianto Rioeh, M.Si melalui Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buol, Moh. Kachfi Marjuni. S. Pi menyampaikan via chat WhatsApp kepada media ini, bahwa
Raker BKSU merekomendasikan beberapa poin penting diantaranya:

I. BKSU akan mengusulkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Ketahanan pangan dengan 5 komoditi utama berupa Sapi Potong, jagung, padi, kedelei dan Udang Vaname. Hal ini dimaksudkan dalam rangka memperkuat basis produksi dengan memperluas keanggotaan BKSU ke kabupaten daerah sekitar.

II. Bekerjasama dengan Pemda DKI untuk mensuplai kebutuhan DKI dalam konsumsi daging sapi dan lain lain, juga mengajak Badan Usaha Milik Daerah (BUMD DKI) berinvestasi di BKSU dan rencana hibah kendaraan bus yg tidak digunakan lagi kepada BKSU serta Promosi Bersama Destinasi Wisata BKSU.

III. Mengagendakan Pertemuan Gubernur Sulut, Sulteng dan Gorontalo para bupati, DPRD, SKPD di Manado

IV. Program paket wisata terintegrasi Likupang, Bunaken, BKSU, Togean.

V. Audiens kepada Menteri Pariwisata, Pertanian, Perikanan dan Bappenas.

Kegiatan ini diakhiri dengan Halal Bi Halal yang dilaksanakan di Rumah Dinas Bandhayo Bupati Bone Bolango.

(Husni Sese)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed