oleh

Bupati Banggai: 113 Calon Jemaah ke Tanah Suci

Topikterkini.com.Banggai – Pemerintah bersama Kementrian Agama Kabupaten Banggai melakukan pelepasan rombongan calon jamaah haji Kabupaten Banggai tahun 1443 H/2022 M, di Masjid Agung An-Nur Luwuk, Kamis (23/6/2022).

Hadir dalam acara ini, Bupati Banggai, Kapolres Banggai, Anggota DPRD Banggai, Sekda Banggai, Kepala Kemenag Kabupaten Banggai, Para Staf Ahli Dan Assisten Setda Banggai, Para Alim Ulama, Ketua Dan Anggota PPIH, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Serta Hadirin Kaum Muslimin Dan Muslimat, Para Jamaah Calon Haji.

Diawali dengan Laporan Panitia Penyelenggara H. Aswari A. Nadjir, S.Ag.,M. Pd.i (Kepala Seksi Penyelenggara Haji Dan Umroh) Kantor Kemenag Banggai melaporkan jumlah Jamaah Calon Haji yang berangkat ketanah Suci Mekkah berjumlah 113 Orang, terdiri dari
Laki-laki : 44 Orang
Perempuan : 69 Orang

Adapun incian Calon Jamaah Haji per Kecamatan :
Balantak 2 Orang
Balantak Utara 1 Orang
Batui 15 Orang
Batui Selatan 17 Orang
Bualemo 8 Orang
Kintom 4 Orang
Luwuk 22 Orang
Luwuk Selatan 16 Orang
Luwuk Utara 2 Orang
Masama 2 Orang
Nambo 3 Orang
Nuhon 2 Orang
Toili 12 Orang
Toili Barat 7 Orang

Rincian Jamaah Calon Haji Termuda Dan Tertua :
Termuda Umur 29 Tahun
An. Anis Hi. Aksan (Asal dari Kec. Luwuk)
Tertua Umur 63 Tahun
An. Sarsina Tadja (Asal dari Kec. Kintom)

Bupati Banggai H. Amirudin Dalam Sambutannya mengajak kepada seluruh Jamaah Calon Haji, untuk selalu bersyukur atas ijin Allah Swt, Insya Allah Bapak/Ibu jamaah calon haji akan menunaikan ibadah yang sangat mulia ini, yaitu satu ibadah yang tidak semua umat islam di berikan kesempatan untuk menunaikannya.

Amiruddin berpesan kepada seluruh Jamaah Calon Haji untuk selalu berusaha menjaga kesehatan dan keselamatan terutama kesehatan diri dan juga barang-barang berupa tas jangan sampai ada yg ketinggalan atau tercecer.

Selanjutnya Bupati Banggai menjelaskan kepada seluruh Jamaah Calon Haji tentang Rukun Haji, Wajib Haji Dan Sunnah Sunnah Haji serta pelaksanaan dan perjalanan haji lainnya, karena untuk memperoleh Predikat Haji Mabrur, harus di awali dengan niat yang tulus dan di ikuti dengan melaksanakan seluruh rangkaian manasik haji sesuai dengan cara yang di ajarkan oleh Allah Swt Dan Rasul-nya.

Selain itu harus pula di jauhi hal-hal yang menghilangkan kemabruran Haji, seperti Perbuatan dosa yang di sebabkan oleh gejolak nafsu, sifat-sifat tercela sombong irihati adu domba, serta perbuatan yang disebabkan oleh tidak adanya kesabaran hingga timbul pertengkaran dan berbantah-Bantahan, laksanakan ibadah dengan tertib dan khusyu dengan mentaati aturan dan jadwal yang telah di tetapkan Pemerintah Arab Saudi serta mengikuti petunujuk dan panduan yang telah di berikan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji, dan Insya Allah sekembalinya di tanah air dalam kehidupan pribadi, keluarga, Bangsa dan Negara.

Lanjut Kata Bupati, Jamaah Calon Haji juga harus sadar bahwa perjalanan ketanah suci adalah untuk beribadah bukan perjalanan biasa, jamaah calon haji juga harus dapat mengatahui bahwa untuk menjamin agar prosesi manasik hajinya dapat dilaksanakan dengan baik perlu di tunjang dengan fisik dan mental yang baik, Insya Allah Seluruh Jamaah Calon Haji Selalu Dalam Lindunga Allah Swt.

Untuk itu Kata Bupati, atas Nama Pimpinan Pemerintah Daerah maupun Pribadi Dan Keluarga mengucapkan selamat jalan dan selamat melaksanakan ibadah haji bagi bapak dan ibu jamaah calon haji sekalian, dan juga kepada para keluarga jamah calon haji, marilah kita lepaskan keluarga kita menuju Tanah Suci Almukarromah dengan penuh keikhlasan dan tawakkal Kepada Allah Swt, diiringi doa dengan penuh keyakinan bahwa jamaah calon haji Kita selalu dalam lindungan dan bimbingan Allah Swt dan Insya Allah akan kembali dengan selamat dan berkumpul bersama keluarga sekaligus Insya Allah Mendapatkan Predikat Haji Yang Mambrur, Tutup Bupati.

Selanjutnya Bupati Banggai Atas Nama Pemerintah Kabupaten Banggai, Melepas Secara Resmi Jamaah Calon Haji Kabupaten Banggai untuk di berangkatkan menuju Asrama Haji Transit Palu dan selanjutnya menuju Embarkasi Balikpapan.

(Afri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.