Buka Sosialisasi Bupati Berpesan Kepada Seluruh Pejabat Agar Memaksimalkan Pelayanan Tanpa Pungli

Topikterkini.com.|Donggala,- Wujudkan bersih Pungli Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala menggelar sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), yang dilaksanakan di Aula Kasiromu Kantor Bupati Donggala, Senin (22/7/2022).

 

Acara sosialisasi yang mengusung tema “Dengan Sapu Bersih Pungli Kita Wujudkan Kerja Tanpa Pungli” tersebut dibuka langsung oleh Bupati Donggala, Dr., Drs. Kasman Lassa, SH., MH, dan turut dihadiri Wakapolres Donggala, Kasi Intel Kajari Donggala, Pimpinan OPD dan Camat, Lurah serta Kepala Desa Se-Kabupaten Donggala.

 

Bupati Donggala, Dr., Drs. Kasman Lassa, SH., MH, menjelaskan bahwa Pungli adalah tindakan Pegawai Negeri atau Pejabat Negara atau Oknum Petugas Calo, yang menawarkan jasa atau meminta imbalan kepada masyarakat dengan maksud, mempercepat tercapainya tujuan walaupun melanggar prosedur, yang dimaknai sebagai barang yg di ambil degan cara yg tidak benar dan tidak sesuai dengan ketentuan yang ada.

 

Dimana Pungli termasuk dalam kategori Kejahatan dalam jabatan yaitu penyalahgunaan kekuasaan, untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain dengan meminta kepada seseorang untuk memberikan sesuatu,membayar atau menerima dengan potongan untuk mengerjakan sesuatu bagi dirinya sendiri.

 

Lanjut Bupati menjelaskan, prilaku Pungli terjadi di sebabkan karna adanya tiga faktor yaitu pertama ketidak pastian pelayanan, sebagai akibat adanya prosedur pelayanan yang panjang

melelahkan.

 

Kedua penyalahgunaan wewenang jabatan atau kewenangan yang melekat pada diri seseorang dan ketiga kultural atau budaya organisasi, yang terbentuk dan berjalan terus menerus disuatu lembaga, sehingga pungutan liar merupakan hal yang biasa dan terkait dengan Peraturan Presiden RI No.87 tahun 2016 tentang satuan tugas sapu bersih pungutan liar.

Olenya Bupati berpesan kepada seluruh Pejabat di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala, untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat tanpa adanya Pungli”Mari secara serius dan berkomitmen dalam pemberantasan Pungli secara tegas dan terpadu,kita perkecil ruang dan peluang akan terjadinya pungli dan mari melakukan perubahan prilaku pelayanan dari pola penerapan pungli menjadi di tiadakan,”ujarnya.

 

Selain itu, Bupati juga berharap kepada Kapolres dan Kajari Donggala, agar saling membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan yg baik dan prima tanpa adanya pungutan liar. (*)

(Sumber: Prokopim Donggala)

 

Laporan: Alir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *