oleh

Pendaftaran Bakal Calon Ketum KONI Parimo Resmi Dibuka

Topikterkini.com.Parimo- Pendaftaran bakal calon Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Parigi Moutong resmi dibuka.

Pendaftaran bakal calon Ketum KONI Parimo itu dirilis hari ini oleh Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) bakal Calon Ketua Umum KONI Parigi Moutong, bertempat di Sekretariat KONI Parimo, Selasa (9/8/22).

Ketua TPP Tri Nugrah Adiyartha saat jumpa Pers mengatakan, mekanisme Penjaringan dan Penyaringan bakal calon Ketua Umum KONI Parimo merujuk pada pelaksanaan Penjaringan dan Penyaringan pemilihan Ketua Umum KONI Sulawesi Tengah yang telah usai dilaksanakan dan sesuai Surat Keputusan Ketua Umum KONI Parimo tentang Penjaringan dan Penyaringan bakal Calon Ketua Umum KONI Parigi Moutong.

Menurut Rio (sapaan akrabnya), ada beberapa tugas tim TPP diantaranya memverifikasi dan memvalidasi persyaratan yang masuk dari para calon Ketua Umum KONI Parimo.

“Sesuai tahapan, hari ini Rilis pendaftarannya dan besok dimulai pengambilan formulir bakal calon Ketua Umum KONI, ” Kata Rio.

Rio menambahkan, adapun persyaratan Umum bakal Calon Ketum KONI adalah mempunyai kemampuan manajerial, sanggup bekerja penuh membantu organisasi keolahragaan, memahami konsisten dan konsekwen melaksanakan anggaran dasar anggaran rumah tangga peraturan organisasi KONI, sanggup menjadi pengayom dan pemersatu semua unsur masyarakat olahraga, mempunyai Visi dan Misi yang luas dalam membina olahraga prestasi serta konsekwen dan kositen dalam pelaksanaanya, sanggup kerjasama dengan Pemerintah Daerah dan sanggup menjalin kerjasama dengan badan badan usaha dan instansi terkait untuk menunjang pembinaan olahraga prestasi, sanggup menjalani kerjasama dengan badan badan keolahragaan tingkat daerah dan tingkat Nasional.

Adapun kriteria khusus kata ia adalah pernah menjabat atau sedang menjabat sebagai Ketua Umum KONI Kabupaten Parigi Moutong dan Ketua Umum Pengurus Kabupaten (Pengkab)Cabang Olahraga (Cabor) anggota KONI Kabupaten Parigi Moutong, memperoleh rekomendasi tertulis dalam bentuk pengusulan dan dukungan oleh minimal 25 persen atau 6 Cabang Olahraga.

“Jadi direkomendasikan oleh 6 cabang Olahraga untuk persyaratan bakal calon yang ditandatangani Ketua Umum atau Sekretaris Umum salah satunya boleh atau kedua duanya juga boleh. Selanjutnya calon Ketua Umum KONI warga negara Indonesia yang dibuktikan dengan KTP serta berdomisili di wilayah Kabupaten Parigi Moutong, tidak menjalin proses pidana, membuat pernyataan meliputi kesediaan dan kesanggupan sebagai calon Ketua Umum KONI, kesediaan untuk memaparkan Visi dan Misi yang isinya sebagai calon Ketum KONI Parigi Moutong masa bakti 2022-2026 dihadapan Sidang Pleno Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) III Parigi Moutong tahun 2022, mentaati mematuhi Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga KONI.

“Sebagai lampiran dalam pernyataan itu adalah riwayat hidup singkat, surat pernyataan dokter berbadan sehat, foto copy KTP dan KK, surat keterangan domisili, surat keterangan bebas narkoba dari Rumah Sakit,” Ujarnya.

Lanjut Rio, adapun jadwal tahapan Penjaringan dan Penyaringan bakal calon Ketum KONI Parimo adalah tanggal 10 Agustus 2022 pengambilan formulir bakal calon, tanggal 11-13 Agustus 2022 pendaftaran bakal calon dengan berkas yang dipersyaratkan, tanggal 14 Agustus 2022 verifikasi dan validasi berkas, tanggal 15-16 Agustus 2022 pemberitahuan semua bakal calon yang mendaftar atas hasil verifikasi, validasi dan klarifikasi berkas, tanggal 17 Agustus 2022 rapat Pleno penetapan bakal calon Ketua Umum KONi Parimo yang memenuhi persyaratan. Tanggal 20 Agustus 2022 para bakal calon diundang untuk hadir dalam Musorkab, dan ditanggal itu juga kata ia penyerahan berkas calon Ketua Umum KONI kepada Pimpinan Sidang Musorkab III Kabupaten Parigi Moutong dan di tanggal 20 itu juga pelaksanaan Musorkab.

Laporan: Sutrisno

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.