oleh

Lanjutkan Program Meranti Cerdas, Pemkab Meranti MoU dengan Universitas Andalas

Topikterkini.com.Padang – Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat menjadi perguruan tinggi ke-20 yang dijadikan tujuan kerjasama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam upaya mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) anak daerah yang unggul.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH, MM dengan Wakil Rektor I Unand Prof. Dr. Mansyurdin, MS di Aula Rektorat Unand, Kota Padang, Kamis (11/8/2022).

“Terimakasih kepada bupati telah memilih Unand sebagai salah kampus yang dipercaya meningkatkan SDM anak Meranti,” kata Mansyurdin.

Disebutkannya, kampus tertua di Pulau Sumatera itu sebelumnya telah menjalin kerjasama serupa dengan berbagai daerah. Seperti; Solok selatan, Kerinci, Agam dan Pariaman.

“Namun tidak sebesar yang dilakukan oleh Pemkab Meranti. Kita sangat mengapresiasi semangat bupati dalam mencerdaskan anak-anak daerah,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan program Meranti cerdas yang diusung Bupati Adil sejalan dengan visi kampus tersebut. Menurutnya, selain melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN), Unand juga menggunakan metode seleksi jalur prestasi dan kerjasama.

“Kita menilai jalur SNMPTN tersebut sangat kompetitif sehingga memperkecil peluang anak-anak daerah terutama daerah 3T (terluar, tertinggal dan terisolir) untuk bisa berkuliah. Ini akan menghambat pengembangan SDM,” ujar Profesor Mansyurdin.

Bupati Kepulauan Meranti H. M Adil menyampaikan terimakasih kepada segenap jajaran Universitas Andalas. Dia menjelaskan nota kesepahaman itu merupakan wujud nyata serta ikhtiar Pemkab Meranti meningkatkan mutu pendidikan dan mencetak SDM unggul dan masyarakat yang bermartabat.

“Hari ini saya sangat senang sekali bisa hadir di sini. Kampus ini merupakan tertua di Sumatera dan tentu tidak diragukan lagi eksistensi para dosen dan segenap civitas akademikanya,” terang Adil.

Upaya mewujudkan Meranti maju, cerdas dan bermartabat, katanya, tidak bisa berjalan sendiri dan membutuhkan kolaborasi dengan universitas-universitas yang sudah memiliki lembaga kajian dan riset.

“Semoga Unand dapat ikut membantu mewujudkan keinginan kami untuk meningkatkan kualitas SDM di Meranti yang nanti akan melahirkan daya saing yang kompetitif,” harapnya.

Sebelumnya Pemkab Kepulauan Meranti telah melakukan MoU serupa dengan berbagai universitas ternama di Indonesia, baik di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Diantaranya, Universitas Riau, Universitas Sumatera Utara, UGM, UII dan lain-lain. Melalui program tersebut, Pemkab membantu uang semester mahasiswa yang dibayarkan langsung ke pihak universitas.

Hadir dalam kegiatan itu, Wakil Rektor IV Dr. Hefrizal Handra, Direktur Kerjasama dan Hilirisasi Riset Dr. Muhammad Makky dan segenap civitas akademika Universitas Andalas.

Turut mendampingi Bupati H. M Adil, Kepala Bagian Kesra Setdakab Syafrizal, Kepala Bagian Prokopim Setdakab Afrinal Yusran dan Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Dody Hamdani.

Laporan: Kariono

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.