oleh

Kenang Jasa Para Pahlawan, Bupati Banggai Hadiri Upacara Kehormatan Dan Renungan Suci Di TMP Tanjung Tuwis

Topikterkini.com.|BANGGAI – Bupati Banggai Amirudin menghadiri upacara kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Tanjung Tuwis Km 8, Luwuk Selatan, Selasa (16/8/2022). Upacara kehormatan dan renungan suci yang dilakukan tepat tengah malam menjelang 17 Agustus merupakan rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia.

 

Bupati Amirudin bersama Wakil Bupati Furqanuddin Masulili tiba di TMP Tanjung Tuwis Km 8 pukul 23.49. Hadir pula Wakil Ketua 2 DPRD Banggai Samsulbahri Mang, Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai Abdullah Ali, Komandan Kodim 1308/LB Letkol Inf. Dony Gredinand, Kepala Kejaksaan Negeri Banggai Raden Wisnu Bagus Wicaksono, para kepala OPD/Badan, perwira TNI dan Polri, serta anggota pramuka Saka Bhayangkara.

 

Kepala Kepolisian Resor Banggai AKBP Yoga Priyahutama yang bertindak sebagai inspektur upacara memulai upacara kehormatan dan renungan suci tepat pukul 00.00.

 

Suasana khidmat semakin terasa tatkala lampu dimatikan. Dua anggota pramuka Saka Bhayangkara menyalakan obor penerang dan mendampingi inspektur upacara yang membacakan naskah upacara kehormatan dan renungan suci.

 

“Menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa,” ujar inspektur upacara.

 

Dalam naskah itu, dinyatakan pula ikrar untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa. “Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula, jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga,” kata inspektur upacara.

 

Setelah pembacaan naskah, dilanjutkan dengan hening cipta dan pembacaan doa untuk keselamatan arwah para pahlawan. Penghormatan terakhir kepada 77 anggota TNI, 15 anggota Polri, serta 5 aparatur sipil negara yang jasadnya bersemayam di TMP Tanjung Tuwis menutup rangkaian kegiatan upacara kehormatan dan renungan suci malam itu.

 

Pada Rabu (17/8/2022) pagi, Bupati Amirudin akan memimpin upacara pengibaran bendera dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di Alun-alun Bumi Mutiara Luwuk.

 

Masyarakat Kabupaten Banggai dapat menyaksikan livestreaming upacara pengibaran bendera melalui channel YouTube “DKISP Banggai” yang dikelola oleh Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Banggai.

(SUMBER:  Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Banggai)

 

Laporan: Agnes

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.