oleh

FH Universitas Sriwijaya Lakukan Penelitian dan Pengabdian di Desa Sungai Pinang

TOPIKTERKINI.COM – BANYUASIN | FH UNSRI lakukan Penelitian dan Pengabdian di Desa Sungai Pinang, Kecamatan Rambutan pada hari Senin 19 September 2022. Pengabdian ini menggunakan skema perkuliahan desa dengan mengusung tema “Perkuliahan Hukum Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik tentang Partisipasi Masyarakat Dalam Pembuatan Peraturan Desa”

Pengabdian ini diketuai oleh Dedeng Zawawi, S.H., M.H. dengan beranggotakan dosen Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya serta mahasiswa S1 Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya yakni H Fahmi Yoesmar-Ar, S.H., M.H. Adrian Nugraha, S.H., M.H., P.hD Taroman Pasyah, SHI, M.H. Sarihot Cristian Putra Nababan, Muhammad Reddynoor Jaya Saleh, dan juga Fathi Jannata Lasmono.

Tujuan daripada pengabdian yang mengusung skema perkuliahan desa ini adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat serta perangkat Desa Sungai Pinang, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin tentang bagaimana bentuk partisipasi masyarakat dalam pembentukan peraturan desa yang baik sesuai dengan mekanisme pembentukan peraturan perundang-undangan serta menciptakan ketertarikan masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam pembentukan peraturan desa tersebut.

Acara dimulai oleh MC Fathi Janata Laksmono yang kemudian mempersilahkan ketua pengabdian Dedeng Zawawi, S.H.,M.H. memberikan sambutan yang dilanjutkan dengan sambutan daripada kepala desa sungai pinang Sustriyanti, sekaligus membuka acara tersebut.

Setelah acara tersebut dibuka, masuklah ke dalam sesi pemaparan yang akan dipandu oleh moderator Sarihot Cristian Putra Nababan yang kemudian mempersilahkan kepada Dedeng Zawawi, S.H.,M.H untuk memaparkan materi perkuliahan desa tersebut.
“Partisipasi Masyarakat merupakan salah satu dari karakter, prinsip dan asas dari Hukum Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik. Pengembangan Hukum Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik tidak hanya berada pada level negara. Namun, saat ini pengembangannya sudah pada tataran atau tingkat dibawah seperti Pemerintahan Provinsi, Pemerintahan Kabupaten/Kota, Pemerintahan tingkat Kecamatan dan bahkan pada level tingkat Pemerintahan Desa.”

Peserta terdiri dari masyarakat, pemuda, beserta perangkat desa Sungai Pinang Kecamatan Rambutan Banyuasin yang antusias mengikuti perkuliahan desa ditandai dengan diskusi dan pertanyaan serta para peserta menyimak dengan baik pemaparan yang disampaikan dosen yang melakukan perkuliahan desa secara langsung.

Sebagai penutup Dedeng menyampaikan ” Dengan perkuliahan Desa ini diharapkan dapat meningkatnya person masyarakat untuk berkontribusi pada pembentukan peraturan di Desa sebagai sarana perwujudan Undang-Undang Desa dan Tata Kelola Pemerintahan Desa Yang Baik atau dikenal pula dengan istilah Good Governance”

Laporan: WENDI

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *