BANJIR di HSU Kian Surut, BPBD Turunkan Status Bencana Darurat

TOPIKTERKINI.COM|BANJARMASIN

AMUNTAI – Banjir akibat luapan sungai Balangan dan Tabalong, yang sempat merendam di Kabupaten Hulu Sungai Utara kini mulai berangsur surut.

Sejumlah ruas jalan yang sempat digenangi banjir di beberapa kecamatan di Kabupaten HSU, saat ini tampak sudah mengering dan arus lalu lintas sudah kembali normal.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HSU pada, Rabu (30/11/2022) dari sebanyak 11.656 rumah yang terendam, kini hanya tinggal 5.439 rumah atau turun menjadi 64 persen.

Pelaksana Tugas (Plt) BPBD HSU, Sugeng Riyadi mengatakan, dari status tanggap darurat diturunkan menjadi status siaga bencana.

“Status tanggap darurat bencana banjir akan kita turunkan menjadi siaga dari hari Jumat 2 Desember 2022. Sembari melihat situasi dan kondisi malam dan esok hari,” kata Sugeng, Rabu (30/11/2022) sore.

Ia juga menyebut, status siaga bencana di prediksi hingga bulan Februari mendatang. Hal itu tentu berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya dan perkiraan dari BMKG, bahwa curah hujan di HSU berkisar dari ringan hingga sedang.

“Meski status akan diturunkan, masyarakat agar tetap waspada dan siaga terhadap situasi dan kondisi ketinggian debit air. Selalu menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitarnya,” pungkasnya.

Penulis : Nanang
Editor : Nanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *