Keterwakilan Perempuan Tidak Terpenuhi, Bawaslu Bantaeng Perpanjang Pendaftaran PKD

TOPIKterkini.com–Bantaeng; Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bantaeng melalui Panwaslu Kecamatan, secara serentak menutup proses  rekrutmen Pengawas Desa / Kelurahan (PKD), sejumlah kelurahan dan desa belum terpenuhi kuota gender 30%. Hal ini diungkapkan Ketua Bawaslu Kabupaten Muh. Saleh kepada media ini, saat ditemui diruang kerjanya, Jum’at 20/1/2023.

 

Menurut Saleh pendaftaran PKD yang telah dimulai sejak tanggal 14 hingga 19 kemarin. Hingga batas akhir pendaftaran sebanyak 4 Kecamatan belum memenuhi kuota gender 30% dari jumlah pendaftar di Kelurahan/Desa diwilayah Kecamatan tersebut, sehingga perpanjangan  masa pendaftaran dilakukan diwilayah kelurahan/Desa yang belum mencapai target kuota gender.

 

“Sampai hari terakhir kemarin total pendaftar 263 orang, 137 laki-laki dan 126 perempuan, namun masih ada desa kelurahan yang melaksanakan perpanjangan pendaftaran” ungkap Saleh.

 

Dia juga menguraikan, sesuai petunjuk teknis setiap desa kelurahan wajib memperhatikan keterwakilan perempuan minimal 30% dari jumlah pendaftar yang ada didesa/Kelurahan tersebut, urai Saleh

 

Dari sumber data yang diperoleh dari staf Bawaslu Kabupaten Bantaeng, sebanyak 9 Kelurahan dan Desa yangtersebar di 4 Kecamatan yang melakukan perpanjangan yakni 6 Desa/Kelurahan di Kecamatan Tompobulu, 1 desa di Gantarangkeke, 1 Desa di Pa’jukukang dan 1 Desa di Bissappu.

 

Ditambahkan Saleh bahwa selain memperhatikan keterwakilan perempuan minimal 30%, setiap desa kelurahan, jumlah minimal 2xjumlah kebutuhan, “Selain  keterwakilan Perempuan jumlah minimal 2xjumlah kebutuhan disetiap Desa/Kelurahan.

 

Dengan adanya perpanjangan ini, masih kata Saleh, diharapkan masih ada perempuan berpontesi mendaftarkan diri didaerah yang masih melaksanakan perpanjangan, namun jika masa perpanjangan tersebut masih belum terpenuhi kuota perempuan maka proses selanjutnya tetap dilanjutkan apapun kondisinya, tandas Ketua Bawaslu. (Ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *