Tingkatkan Mutu Produsen IRTP, Dinas Kesehatan Kabupaten Agam Gelar Bimtek Keamanan Pangan

Agam Sumbar– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam Sumatera Bara menggelar Bimtek Keamanan Pangan Bagi produsen Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP), Selasa (7/3/2023).

Bimtek yang difasilitasi Dinas Kesehatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman produsen tentang cara produksi olahan pangan yang baik serta aman untuk konsumen.

Bimtek yang berlangsung selama dua hari di Hotel Sultan Syariah, Ampek Angkek ini diikuti 65 produsen industri rumah tangga yang tersebar di Kabupaten Agam.

Kadinkes Agam melalui Kabid Pelayanan Kesehatan Masyarakat, Sesri, SKM, MKM menyampaikan produsen IRTP perlu memperhatikannya keamanan produk yang diedarkan ke masyarakat.

Menurutnya, makanan yang sehat adalah makanan yang bebas dari cemaran kimia, cemaran biologi dan cemaran fisik.

“Untuk itu, para pelaku usaha perlu dibekali dengan pengetahuan tentang pangan yang aman, bermutu, higienis sehingga tidak merugikan dan membahayakan kesehatan masyarakat,” tuturnya.

Lebih lanjut diterangkan, keamanan pangan memiliki peran penting bagi produsen IRTP yang menyajikan pangan kepada konsumen. Sehingga, produsen harus memberikan perlindungan kepada konsumen atas produk yang disajikan.

“Setidaknya ada 200 lebih penyakit yang terdapat pada makanan yang dikonsumsi tanpa memperhatikan cara yang aman sesuai standar pengawasan obat dan makanan,” tuturnya.

Ditambahkan, bimtek ini merupakan upaya pihaknya untuk meningkatan pengetahuan bagi industri pangan rumah tangga sehingga mampu menghasilkan industri pangan yang berizin dan bersertifikat.

“Ini angkatan kedua pada tahun ini, sebelumnya pada 1 Maret lalu telah dilakukan bimtek angkatan pertama, selanjutnya akan dilakukan bimtek angkatan ketiga di Lubuk Basung,” ujarnya.( Syafrianto )

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *