Pemkab Nias barat dan Kabag Kesbangpol Balasia Gulo S.Pd.MM Buka Seleksi 102 Calon Paskibraka Tahun 2023

Topikterkini.com.|Kabupaten Nias Barat – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Nias Barat melaksanakan seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Nias Barat dalam peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT KEMRI) ke-78 Tahun 2023, Bertempat di Aula Soguna Ba Zato, Kamis (16/03/2023).

Seleksi yang dilaksanakan pada hari ini adalah seleksi Parade setelah peserta lulus berkas atau administrasi yang didaftarkan secara online oleh masing-masing peserta. Seleksi Parade dilaksanakan untuk menyeleksi tubuh ideal para calon paskibraka, mulai postur, tinggi badan, dan berat badan, termasuk posisi kaki O dan X yang tidak melebihi 5 cm.

Sekda Kabupaten Nias Barat Sozisokhi Hia, SH, MM dalam arahannya mengatakan, seleksi Calon Anggota Paskibraka adalah kegiatan nasional yang rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai persiapan menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Tetapi seleksi Paskibraka Kabupaten Nias Barat tahun 2023 ini sangat berbeda dengan tahapan dan pelaksanaan seleksi sebelumnya.

“Dimana pada tahun sebelumnya dilakukan dengan manual, sedangkan tahun ini pelaksanaan rekrutmen dan seleksi dilakukan secara online. Mulai tahapan dari pendaftaran hingga hasil seleksi masing masing peserta,” Kata Sekda Nias Barat

Sebagaimana diamanatkan pada Peraturan Presiden No. 51 Tahun 2022 tentang program paskibraka. Program Paskibraka adalah program yang akan melahirkan kader-kader calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila.

“Hal ini menunjukkan bahwa tidak hanya sebatas mampu menaikkan bendera saja, melainkan pembinaan kepemimpinan, keterampilan dan kedisplinan yang menjunjung tinggi nilai kebangsaan, cinta tanah air, persatuan dan kesatuan serta peningkatan wawasan kebangsaan, selain itu membentuk generasi penerus pejuang bangsa dengan jiwa dan semangat Pancasila, Patriotisme dan Nasionalisme,” kata Sozisokhi Hia dalam arahannya

Sekda mengharapkan agar pelaksanaan seleksi Calon Paskibraka harus dilaksanakan secara bersih dan transparan tanpa memandang status sosial. Demikian pula pelaksanaan latihan harus dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab dan mengutamakan pelayanan yang maksimal.

“Saya yakin, pelaksaanan seleksi dan latihan ini akan menghasilkan calon anggota paskibraka yang berdedikasi tinggi dan mampu melaksanakan tugas nantinya untuk mengibarkan sang saka merah putih dengan baik, sesuai rencana pengukuhan paskibraka yang dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2023 mendatang,” harap Sekda mengakhiri sambil memohon Ridho Tuhan Yang Maha Esa membuka secara resmi pelaksanaan seleksi Paskibraka Tahun 2023.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Nias Barat Balasia Gulo, S.Pd,MM menjelaskan bahwa Calon Anggota Paskibraka yang telah mendaftar secara online dan memenuhi syarat sebanyak 102 orang, sementara yang dibutuhkan nantinya 36 orang yakni 17 Putri dan 19 Putra.

“Peserta yang lulus seleksi Parade akan mengikuti seleksi tahap selanjutnya yaitu seleksi Pancasila, Wawasan Kebangsaan dan Tes Intelegensi Umum, Tes Kesamptaan dan Kepribadian,” Jelas Balasia Gulo

Tim seleksi Paskibraka terdiri dari unsur Tentara Nasional Indonesia (TNI), unsur akademisi dalam hal ini rektor STT AM, unsur dari keagamaan (FKUB) dan dari ASN termasuk di dalamnya Tenaga Medis dan adik adik purna Paskibraka.

Pelapor: John Kristopel Gulo

Editor: Afdika Permata Lase

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *