KPU Morowali Gelar Pertemuan Rakor Bakohumas Bersama Stakeholder

Topikterkini.com.Morowali – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Morowali menyelenggarakan Rapat Koordinasi Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) Bersama Stakeholders dalam Pemilihan Umum 2024, di Aula KPU Morowali, Selasa (21/03/2023).

Hadir di antaranya Sekretaris Daerah Kabupaten Morowali, Drs. Yusman Mahbub, M.Si., Ketua KPU Morowali, Ervan, SH., Anggota Komisioner KPU, Abdul Somad, S.Pd., perwakilan Forkopimda Morowali, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali, para Camat dan insan pers.

Sebagai informasi, KPU RI telah menerbitkan Surat Keputusan nomor 172/HM.02-kpt/06/KPU/III/2021 tentang Pembentukan Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) sebagai dasar hukum pembentukan Bakohumas di masing-masing wilayah kerja KPU se-Indonesia.

Diketahui, Bakohumas merupakan lembaga non struktural yang menjadi forum koordinasi dan kerjasama antar unit/bidang kerja kehumasan khususnya terkait kepemiluan. Dibentuknya Bakohumas adalah untuk meningkatkan fungsi serta peran sosialisasi dan kehumasan yang ada di masing-masing satuan kerja KPU.

Ervan menyebut, KPU tidak dapat bekerja sendiri untuk melaksanakan sosialisasi kepemiluan kepada masyarakat tanpa dukungan dari semua pihak terkait. Selain itu menurut dia, dengan adanya Bakohumas ini tingkat partisipasi masyarakat dapat dimaksimalkan melalui keterbukaan akses informasi publik, khususnya penyelenggaraan Pemilu yang akan digelar pada tahun 2024.

“Melalui Bakohumas ini diharapkan kita saling berbagi informasi terkait dengan perkembangan situasi politik di wilayah masing-masing sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dapat kita antisipasi jauh sebelumnya. Hal ini agar penyelenggaraan pemilu dapat berjalan sukses dan kondusif. Ini tidak dapat kita capai tanpa ada kerjasama dari kita semua”, pungkasnya.

“Intinya bagaimana kita memberikan informasi dan pemahaman kepada masyarakat bahwa momentum pemilu ini mari kita jadikan sebagai sarana pemersatu bangsa bukan sarana pemecah belah” tandas Ervan.

Sementara itu, Sekda Morowali, Yusman Mahbub atas nama pemerintah daerah menyampaikan apresiasi atas digelarnya Rakor Bakohumas. Dalam kesempatan itu ia juga mengimbau utamanya peran Camat sebagai perpanjangan tangan pemerintah daerah untuk terus tangguh dalam menjaga stabilitas di wilayah masing-masing guna menyukseskan penyelenggaraan Pemilu maupun Pemilukada tahun 2024.

Laporan: Sutrisno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *