PELATIHAN PENGOLAHAN DAN PENGEMASAN PRODUK PERIKANAN (LELE ASAP, LELE BUMBU KUNING DAN ABON IKAN LELE )

Topikterkini.com.|Kabupaten Nias Utara — Bertempat di Desa Banua Sibohou II Hatinya PKK Kecamatan Alasa Kabupaten Nias Utara Pemerintah Kab. Nias Utara laksanakan pelatihan produk pengelohan dan pengemasan produk perikanan khususnya untuk komoditas produk ikan lele, Kamis (03/08/2023).

Abadiel Zalukhu selaku pelaku ukm koperasi nelayan putra pantai utara menyampaikan cara teknis pengasapan ikan yang baik mulai dari proses membelah ikan sampai proses pengasapan yang membutuhkan waktu 6 – 8 jam. Hasil pengasapan yang optimal dan baik akan menghasilkan warna yang menarik dan kuning keemasan. Dengan ini akan memiliki nilai jual yang baik, jelas Abadiel.

Kasi Nelayan & Pengelolaan Sumber Daya Ikan Dinas Perikanan Kab. Nias Utara Harapan Harefa, SE menyampaikan agar harga jual ikan lele semakin baik maka di lakukan proses pengemasan yang baik dengan desain dan kemasan yang menarik. Harapan menyampaikan dengan kemasan yang baik maka komoditas produk yang dihasilkan akan terjamin, terlindungi dari jamur, virus dan bakteri sehingga tahan dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Ny. Yudika Sabar Jaya Tel menyampaikan proses pengolahan ikan lele dengan dua variasi produk yaitu lele bumbu kuning dan abon ikan lele sekaligus mempraktekkan cara bagaimana proses pengolahan dan pembuatannya bersama Pokja 3 hatinya PKK Desa Banua Sibohou II Kecamatan Alasa Kabupaten Nias Utara sampai pada makanan siap saji dan pengemasan produk.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kadis Perikanan Sabar Jaya Telaumbanua, S.Pi, M.Su, Kasi nelayan dan pengelolaan sumber daya ikan, dan penyuluh perikanan dan THL Dinas Perikanan kabupaten Nias Utara, TP PKK kecamatan dan TP PKK Desa Banua Sibohou II Kec. Alasa.

Pelapor: Trisna Lestari Telaumbanua

Editor Afdika Permata Lase

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *