Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kab. Agam Berhasil Menorehkan Berbagai Penghargaan Dari Pemerintah Pusat.

Agam Sumbar_Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam Sumatera Barat, berhasil menorehkan berbagai penghargaan dari Pemerintah Pusat.

Dari Provinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Kabupaten Agam, sebagai inovasi pelayanan dalam pelaksanaan administrasi kependudukan dan inovasi pelayanan publik.

Penghargaan itu diserahkan langsung Bupati Agam Dr Andri Warman, kepada Kepala Dinas Dukcapil Agam Helton, SH, disela upacara penurunan Bendera Merah Putih HUT Kemerdekaan RI ke-78, di Lubuk Basung, Kamis (17/8/2023).

Dan turut mendampingi Ketua DPRD Agam Dr Novi Irwan, S.Pd, MM dan sejumlah unsur Forkopimda Plus serta para undangan lainnya.

Penghargaan yang diberikan kepada Dinas Dukcapil Agam sebagai apresiasi atas kinerja terbaik, dedikasi yang tinggi, komitmen yang kuat serta konsistensi dalam mengemban dan menjalankan tugas memberikan pelayanan administrasi kependudukan tahun 2023.

Adapun kategori penghargaan yang diterima Disdukcapil Agam antara lain, penghargaan kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2022 dari Ombudsman RI, juara satu pembuatan akta kelahiran anak usia 0-5 tahun tingkat provinsi dan juara satu Inovasi Daerah tingkat Kabupaten Agam tahun 2023.

Atas penghargaan tersebut, Kepala Disdukcapil Agam Helton, SH, mengucapkan rasa syukur atas penghargaan yang diterima pihaknya dihari bersejarah HUT Kemerdekaan RI ke-78.

“Terimakasih rekan-rekan Dukcapil atas dedikasi kita semua. Di hari berserah ini, penghargaan ini kami persembahkan untuk kita semua dan masyarakat Agam.

Khususnya, kepada Pak bupati, sekda dan rekan-rekan OPD yang terus memotivasi dan mensuport kita dalam memberikan pelayanan terbaik,” jelas Helton.

Menurutnya, penghargaan tersebut
merupakan wujud komitmen Disdukcapil dalam meningkatkan kualitas disegala bidang pelayanan publik, khususnya layanan Administrasi Kependudukan melalui berbagai inovasi. Salah satu diantaranya, yaitu Inovasi SILETON.

SILETON merupakan inovasi dari Dinas Dukcapil yang dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan pengurusan dokumen kependudukan.

Dengan berbekal Teknologi Informasi (IT), masyarakat dapat mengakses website http://www.sileton.agamkab.go.id lalu memilih jenis layanan administrasi kependudukan yang diinginkan tanpa harus datang ke Dinas Dukcapil.

“Komit kita adalah bagaimana pelayanan administrasi kependudukan bisa lebih efisien, mudah dan terjangkau,” ujarnya.

Kendati demikian, jelas mantan Camat Lubuk Basung itu, tentunya menjadi cambuk sekaligus bekal motivasi untuk terus berbenah guna meningkatkan kualitas pelayanan publik.

khususnya Disdukcapil sehingga pelayanan administrasi kependudukan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat serta menjadi inspirasi dan role model dalam berbagai bidang pelayanan.(Syafrianto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *