Bawaslu Bantaeng Perkuat SDM Penanganan Pelanggaran Panwaslu Kecamatan

TOPIKterkini.com–Bantaeng: !Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bantaeng laksanakan penguatan kapasitas penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa Pemilu tahun 2024 di Ruang pertemuan Hotel Kirei Jalan Raya Lanto, Minggu 24/9/2023.

Giat ini dihadiri dan dibuka langsung Ketua Bawaslu Bantaeng Ningsih Purwanti, SH. didampingi Koordinator Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Ruslan, SH., MH serta Kordiv Hukum, Pencegahan Parmas dan Humas Nurwahni. Hadir sebagai pemateri via zoom meeting Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulsel Periode 2018-2023 DR. Azry Yusuf, SH., MH.

Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Bantaeng Arfah Yulianto, dalam laporannya giat yang dilaksanakan hari ini menghadirkan panwaslu kecamatan se-Kabupaten Bantaeng yang berjumlah 24 orang turut hadir penyidik Sentra Gakkumdu. total peserta sebanyak 39 Orang.

Ketua Bawaslu Bantaeng Ningsih Purwanti, pada kesempatan itu mengungkapkan sejumlah potensi pelanggaran yang mungkin terjadi menjelang penetapan Daftar Calon Legislatif maupun pasca penetapan DCT, sehingga dibutuhkan penguatan kapasitas maupun keterampilan jajaran Panwaslu Kecamatan dalam upaya Pencegahan maupun penindakan potensi pelanggaran yang mungkin terjadi.

“Pasca penetapan DCT yang dilakukan KPU, potensi pelanggaran dimungkinkan, sehingga saya harap sahabat Panwaslu yang hadir fokus mengikuti apa yang disajikan pemateri” kata Ningsih.

Dalam materinya Azry Yusuf, yang didampingi Aipda Haerul sebagai moderator, mengungkapkan bahwa sesuai UU Pemilu bahwa Bawaslu dan jajarannya terbawah (PKD, Red) berwenang melakukan penelusuran ataupun investigasi terhadap penanganan pelanggaran pemilu seperti yang disebutkan dalam pasal 94(2) sampai 105 UU Nomor 7/2017 tentang Penyelenggaraan pemilu.

Namun lanjut Azry sebelum terjadi pelanggaran utamakan melakukan pendekatan secara persuasif dalam bentuk pencegahan, tutur Azry

Dibagian akhir Azry kembali mengingatkan kepada Bawaslu dan jajarannya agar tetap mengedepankan pencegahan melakukan tindakan preventif, tandasnya. (Ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *