Sebagai Pejuang Demokrasi, Totok Hariyono: Jurnalis Tidak Boleh Memihak Salah Satu Paslon

Topikterkini.com Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu Totok Hariyono mengungkapkan Jurnalis memiliki naluri demokrasi untuk menampilkan suatu kebenaran, serta dalam Pemilu Jurnalis tidak boleh memihak salah satu pasangan calon (Paslon).

“Jurnalis memiliki naluri sebagai pejuang demokrasi dan tidak boleh memihak ke salah satu paslon dalam pemilihan umum,” ungkap Anggota Bawaslu Totok Hariyono dalam kegiatan in-house training TVRI di Jakarta. Minggu (12/11/2023).

Sambung Totok, peran Jurnalis dalam kepemiluan ada dua yaitu saat penetapan pasangan calon dan nomor urut serta saat tahapan Kampanye.

“Saat penetapan dan pengundian nomor urut pasangan calon wajib dipublis lewat lembaga penyiaran negeri ataupun swasta,” ungkap Totok.

Peran kedua yaitu mengenai materi kampanye, sesuai Undang-Undang Pemilu pasal 274.

“Materi Kampanye wajib disiarkan melalui lembaga penyiaran dan dilakukan secara berimbang sesuai undang-undang Pemilu,” ungkap Totok.

Lanjut Totok, dia mengatakan Jurnalis dinilai bukan dari jam terbangnya melainkan karyanya.

“Sebagai pilar keempat demokrasi jurnalis tidak dinilai dari jam terbangnya, melainkan karyanya memberitakan suatu kebenaran,” ungkap Totok.

Sumber: Bawaslu.co.id.
Editor: H.S.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *