PASTIKAN SARANA KEAMANAN SIAP PAKAI, LAPAS AMPANA LAKUKAN PEMELIHARAAN BORGOL DAN KUNCI

Topikterkini.com.Ampana – Lembaga Pemasyarakatan kelas IIB Ampana, Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Tengah, jajaran administrasi Keamanan dan Ketertiban Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Ampana Melaksanakan Perawatan alat pengamanan berupa borgol dan kunci.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM No.33 Tahun 2015 tentang pengamanan pada Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Pasal 8 huruf h yang dijelaskan secara merinci pada pasal 16 tentang Pencegahan Gangguan Kemanan dan Ketertiban pada Lapas atau Rutan.

Perawatan alat pengamanan dilakukan dengan cara membersihkan seluruh borgol dan kunci menggunakan cairan anti karat yang disemprotkan ke permukaan dan lubang borgol. Hal ini kami lakukan sebagai bentuk deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan lapas, khususnya borgol dan kunci dilakukan pemeliharaan guna menghindari kerusakan dan karat, ujar Finley selaku Kepala Seksi Administrasi dan Kamtib.

Ikut serta dalam proses pemeliharaan , yakni kasubsi keamanan Yasir bersama kasubsi Pelaporan tata tertib Risnandi didampingi dua orang staf juga melakukan pemeliharaan tersebut , guna memastikan borgol dan kunci siap pakai ketika di butuhkan.

Borgol dan kuncinya di gunakan sewaktu-waktu jika terjadi gangguan kamtib maupun pada saat ada pemindahan Narapidana. Sebanyak 8 unit borgol tangan dan kaki serta 9 unit borgol tangan beserta kuncinya di nyatakan layak pakai dan terpelihara dengan baik.

Sumber: Humas-Laspana.

Editor: HS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *