Penambahan dan Mencari Sumber Mata Air, PDAM Lotim Munculkan Solusi Baru di Tahun 2024!

TOPIKTERKINI.Com LOMBOK TIMUR— Para jajaran Perusahaan Daerah Air Minum ( PDAM ) Lombok Timur memuncul solusi dan ide mereka dalam meningkat pendapatan perusahaan tersebut.

Tidak hanya itu saja, PDAM Lotim juga akan meningkatkan kinerja mereka dalam mengatasi suatu permasalahan dalam pipa Bicor.

“Untuk menambah jumlah pelanggan tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, peremajaan jaringan SPAM berupa perubahan diameter pipa distribusi, perubahan jalur dan pemeliharaan jaringan akan berdampak terhadap Volume yang didapat dan tekanan air per liter per detiknya, secara tidak langsung akan berpengaruh tehadap cakupan pelayanan,” Katanya, Direktur PDAM Lotim , Ir. Marhaban, Kamis, 01/02/2024.

“Pemeliharaan Sumber mata air berupa penghijauan di wilayah sumber dan perbaikan- perbaikan fasilitas sumber” Terangnya.

“Cabang dan Unit selaku ujuang tombak PDAM dalam pelayanan terus ditingkatan semangat dan motivasi ini harus terus digalakkan karena akan sangat sensitive terhadap pendapatan air, perilaku oknum-oknum pegawai secara teknis harus diperbaiki, moral dan etika sebagai petugas PDAM harus dijaga, terutama terhadap pengaduan-pengaduan pelanggan yang segera di respon secepat mungkin,” Jelasnya.

“Indikasi penurunan NRW dapat diketahui melalui water meter induk dan water meter SR artinya Kapasitas Produksi dan Jumlah yang terjual akan singkron. Ada beberapa yang mengakibatkan NRW tinggi, lambannya dalam menangani Kebocoran Pipa, adanya Kebocoran di Air valve, adanya Kebocoran di water meter pelanggan, melakukan Penyadapan,tidak terbacanya angka di water meter pelanggan (meter macet dan angka meter kabur),” Ucapanya.

Ia menyebut ,Solusinya kesigapan tim transdit yang ditunjang oleh bagian perencanaan serta ketersedian aksesoris harus lengkap, penggantian air valve yang bocorPenggantian water meter yang rusak dan berusia di atas 5 tahun, penertiban sambungan gelap secara menyeluruh dan kontinyu.

“Penambahan Debit dan Penambahan sumber mata air baru merupakan masalah yang komplek, sebesar apapun debit di sumber mata air kalau tidak di tata secara baik maka masyarakat pengguna air yang berada di sekitaran sumber akan selalu merasa kekurangan sehingga debit yang dapat dikelola PDAM sangatlah minim,”Ujaranya.

“Solusi untuk masalah ini adalah memperbaiki tata Kelola sumber mata air, bekerjasama dengan pihak-pihak yang terkait di dalam membangun sarana dan prasarana air bersih. Dalam hal penambahan sumber mata air yang paling efektif dan memungkinkan adalah pembuatan sumur bor – sumur bor di daerah hulu yang dampak sosialnya tidak terlalu banyak,” Tutupnya.

 

Liputan; RiL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *