Upacara KORPRI dan HUT Sulteng, Sekretaris DPRD Buol Bacakan Sejarah Provinsi Sulteng

Topikterkini.com.|Buol – Sekretaris DPRD Kabupaten Buol Munawir A Nouk, S.STP.,MM, menghadiri dan bertindak sebagai pembaca kilas sejarah Provinsi Sulteng pada upacara gabungan KORPRI.

Upacara gabungan KORPRI yang dirangkaikan dengan Hari Ulang Tahun Provinsi Sulawesi Tengah dipimpin langsung oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Buol Ir. H. Usman, dilapangan Kantor Bupati Buol, pada Rabu, 17 April 2024.

Sekretaris Daerah Kabupaten Buol Ir. H. Usman, selaku pimpinan upacara membacakan amanat dari Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura.

Tema yang di angkat pada peringatan HUT ke-60 Provinsi Sulawesi Tengah, yaitu “Kuat dan Tangguh, untuk Sulawesi Tengah Lebih Sejahtera dan Lebih Maju”. Tema ini menegaskan tekad untuk menjadikan Sulawesi Tengah daerah yang lebih sejahtera dan maju di masa depan.

Dalam sambutan Gubernur Rusdy Mastura yang dibacakan Pj Sekda salah satunya yaitu menyoroti berbagai pencapaian positif di Sulawesi Tengah dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

Laju pertumbuhan ekonomi provinsi Sulawesi Tengah cukup baik, dengan catatan pertumbuhan sebesar 11,70% pada tahun 2021, 15,17% pada tahun 2022, dan 11,91% pada tahun 2023. Capaian ini menempatkan Sulawesi Tengah sebagai provinsi dengan laju pertumbuhan ekonomi tertinggi kedua di Indonesia.

Disamping itu kemiskinan di Sulawesi Tengah menurun dari 13,00% pada Maret 2021 menjadi 12,33% pada Maret 2022, meski kembali naik menjadi 12,41% pada Maret 2023. Namun, angka kemiskinan ekstrem berhasil ditekan secara signifikan, turun dari 3,02% pada tahun 2022 menjadi 1,44% pada tahun 2023.

Indikator lain seperti tingkat pengangguran terbuka juga mengalami penurunan, dari 3,75% pada Agustus 2021 menjadi 2,95% pada Agustus 2023. Indeks Gini Provinsi Sulawesi Tengah juga menurun, menunjukkan distribusi pendapatan yang semakin merata.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Sulawesi Tengah juga mengalami peningkatan dari 70,54 poin pada tahun 2021 menjadi 71,66 poin pada tahun 2023, dengan kategori IPM Tinggi.

Stunting di provinsi tersebut juga mengalami penurunan, dari 29,7% pada tahun 2021 menjadi 27,2% pada tahun 2023, menurut data dari SSGI.

Provinsi Sulawesi Tengah juga berhasil meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Rp900 miliar menjadi Rp2,059 triliun pada tahun 2023. Realisasi investasi provinsi juga meningkat menjadi Rp111,98 triliun, melebihi target yang diberikan oleh pemerintah pusat.

Gubernur Rusdy Mastura menegaskan bahwa posisi Sulawesi Tengah menjadi semakin strategis berkat penetapan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, sehingga Sulawesi Tengah dapat berperan sebagai penunjang IKN.

Dalam upayanya mempercepat pembangunan infrastruktur dan meningkatkan konektivitas antar wilayah, pemerintah provinsi menyoroti beberapa proyek prioritas yang sedang berlangsung dari tahun 2022 hingga 2024.

Proyek-proyek tersebut meliputi pembangunan kawasan Nusantara di Kecamatan Dampelas, Donggala, dan rekonstruksi jalan di sepuluh daerah kabupaten, termasuk jalan ruas Air Terang-Momunu di Kabupaten Buol.

Gagasan Pembangunan Sulteng Incorporated juga menjadi fokus perhatian dalam upaya menciptakan sinergi antara birokrasi dan sektor korporasi.

Tujuannya adalah meningkatkan pendapatan asli daerah yang pada akhirnya akan memberikan dampak positif bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Tengah.

Dengan semangat untuk terus maju dan berkembang, HUT Provinsi Sulawesi Tengah ke-60 menjadi momentum penting bagi seluruh masyarakat provinsi untuk bersama-sama mewujudkan Sulawesi Tengah yang lebih sejahtera dan maju.

Gubernur Rusdy Mastura menutup sambutannya dengan menyampaikan tekad kuat untuk terus membawa Sulawesi Tengah menuju kesejahteraan dan kemajuan di masa depan.**(sumber : Diskominfo Buol)

 

Laporan : MR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *