Prof. Ilmar : Fahruddin Rangga Kapasitas Pimpin Pemerintahan Kabupaten Takalar

TOPIKterkini.com, TAKALAR — Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan dihelat pada November 2024, terdapat 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan akan menggelar pesta demokrasi tersebut. Salah satunya kabupaten Takalar, yang selalu menjadi daerah yang mendapat perhatian setiap kali Pilkada digelar, Selasa (23/4/2024).

Pakar atau Ahli Hukum Tata Negara dan Tata Pemerintahan, Prof. Dr. Aminuddin Ilmar, S.H., M.H., salah seorang pakar yang berpendapat terkait Pilkada Takalar yang akan datang, dalam ungkapannya via telepon mengatakan, “Takalar itu ‘kan wilayah Maminasata (wilayah strategis nasional) yang membutuhkan akselerasi pembangunan, tentu ini bisa berhasil hanya melalui kepala daerah yang memahami pengelolaan daerah lebih efisien dan terarah. Minimal figurnya bertalenta dan punya karakter” ujarnya, Minggu (21/04/2024) lalu.

Menurut Prof. Ilmar sapaan akrabnya, kabupaten Takalar memerlukan kepala daerah yang mempunyai nilai dalam figuritasnya, ia lanjut menyebut Fahruddin Rangga sebagai figur yang ia kenal, yang kini juga digadang-gadang sebagai bakal calon bupati di Pilkada Takalar.

Menurutnya, Fahruddin Rangga itu orang yang cerdas melakoni fungsi dan tugas serta kewajibannya sebagai anggota DPRD Sulsel.

“Kalau dengan skala nilai saya kasih dia angka 98 karena dia memahami betul fungsi dan kewenangan selaku anggota DPRD, bagaimana dia mempresentase kebutuhan masyarakat yang ada di dapilnya, kemudian bagaimana dia mengakselerasi kalau dia sebagai ketua Panitia Khusus (Pansus) apalagi kalau berkenaan dengan persoalan penyusunan anggaran daerah betul-betul dia memahami, menurut saya talenta pak Fahruddin Rangga sangat lengkaplah,” bebernya.

Lanjut Prof. Ilmar, “kalau saya sih lebih dari cukup, artinya kapasitas beliau itu kalau di beri amanah memimpin daerah kalau saya menyatakan itu akan melampaui ekspektasi masyarakat terhadap apa yang menjadi kepentingan masyarakat Takalar. Selama ini menurut saya kalau kita lihat dari sisi pengelolaan pemerintahan dan juga penataan daerah justru pak Rangga lah sosok yang paling tepat karena pengalaman menyusun anggaran,” tutur Prof Ilmar.

Ia juga menambahkan, “pengalaman melihat praktik pemerintahan yang baik dan itu kemudian ada pada Fahruddin Rangga sosok ini betul-betul memiliki pengalaman yang mumpuni, jadi kalau dia diberikan amanah itu saya kira tidak meragukan lagi akan kemampuan beliau untuk menata pemerintahan di Takalar, apalagi juga untuk akselerasi pembangunan takalar, takalar bisa berhasil menjadi daerah penyangga kota Makassar bersama kabupaten Gowa, makanya konsep Maminasanta itu kalau ada di tangan Fahruddin Rangga saya yakin itu bisa dijalankan,” Jelas guru besar hukum tata negara tersebut, Prof. Aminuddin Ilmar.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *