Jelang Pilkada 2024, Pemuda Bombana Minta Bawaslu Perketat Pengawasan Terhadap Netralitas ASN

TOPIKterkini.com – BOMBANA | Salah satu tokoh pemuda kabupaten Bombana menegaskan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) selalu menjadi perhatian publik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu). Untuk itu, diminta kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat untuk meningkatkan kinerjanya dalam memperketat pengawasan

“Bawaslu harus meningkatkan kinerjanya dalam pengawasan masalah netralitas ASN ini, karena ada aroma tercium oknum camat dan kepala dinas tersebut diduga turut serta dukung mendukung bakal calon bupati,” ungkap salah satu tokoh pemuda Bombana yang tak mau disebutkan identitasnya, (25/6/24).

Dirinya mengatakan, bahwa dalam mengantipasi adanya kerawanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 mendatang hanya soal dukung mendukung. “Dimensi kerawanan Pemilu maupun Pilkada adalah netralitas ASN”.

Olehnya itu, peran Bawaslu sebagai pengawas pemilu dalam memantau, menyelidiki dan menegur jika ada indikasi pelanggaran harus ditindak sesuai aturan hukum yang berlaku. Dan tugas serta wewenang Bawaslu, satu di antaranya yaitu melakukan pencegahan dan penindakan terhadap pelanggaran pemilu.

“Dengan segala kewenangannya, Bawaslu punya landasan kuat untuk mengawal, bagaimana ASN itu bisa netral. “Bawaslu harus pro aktif mengawasi sikap dan tindakan dari ASN,” pungkasnya

Lanjutnya, ASN sangat besar dan menjadi tokoh masyarakat di daerah masing-masing. Maka, potensi untuk tidak netral dimungkinkan. Sehingga, penting bagi Bawaslu untuk mengawasi netralitas para ASN tersebut.

“Langkah proaktif Bawaslu menyikapi dan melakukan tindakan preventif serta rajin menghimbau para ASN agar tegak lurus, sesuai aturan yang berlaku,” pungkas salah satu tokoh pemuda Bombana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *